ARTICLE

Wed - Dec 29, 2021 / 518 / Inspirational

Mau Memperbaiki Keuangan di Tahun Baru? Coba 5 Jenis Investasi untuk Pemula Ini!

Tahun baru adalah awal yang baik untuk memulai hal positif. Salah satunya adalah investasi. Pademi banyak mengajarkan Momin sebagai orang tua untuk harus memiliki investasi dan dana darurat. Karena saat masa sulit seperti kemarin, dana tersebut bisa menjadi bala bantuan untuk menambal masalah keuangan lho.

Oleh karena itu, momin mau share juga kepada para Superparents maupun kakak GSM, kira-kira investasi apa sih yang bisa dipilih sebagai pemula.

DANA DARURAT

Tapi… Sebelum masuk dalam pembahasan investasi, ada baiknya kalau kita memiliki terlebih dulu dana darurat! Dana ini sangat penting karena bisa digunakan pada saat kita terkena PHK, mendadak tidak ada sumber penghasilan, keadaan darurat medis, biaya perjalanan yang tidak terencana, dll.

Dana darurat ini berbeda dengan tabungan yak arena sifatnya fungsional jika sesuatu yang buruk menimpa. Jumlahnya untuk setiap keluarga berbeda, tergantung dari biaya hidup dan tanggungannya. Cara menghitungnya didasarkan pada pengeluaran bulanan. Dana darurat harus mampu menutupi minimal 3-6 bulan pengeluaran, dan semakin besar semakin baik.

Baca juga : INGIN DOA RESOLUSI 2022 TERJAWAB? BACA KISAH INI DULU YUK

Nah berikut ini investasi yang bisa dipilih ya:

  1. Emas

Investasi jenis ini memang kegemaran banyak kalangan, dari yang tinggal di desa sampai perkotaan. Alasannya simple dan mudah. Tapi agak rawan pencurian ya kalau disimpan dirumah.

 

  1. Deposito

Setoran awal deposito sekarang sudah ada yang mulai dari 10 juta. Selain resikonya yang rendah, bentuknya mirip dengan tabungan namun bunganya lebih maksimal. Bahkan sekarang ada bank-bank digital yang menawarkan bunga jauh lebih besar daripada bank tradisional.

 

  1. Reksadana

Jenis investasi pemula modal kecil adalah reksa dana. Investasi reksadana juga salah satu jenis investasi yang sedang ramai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat ini banyak aplikasi yang memudahkan kita dalam berinvestasi reksadana. Kita bisa memulainya dengan modal yang sangat minim lho.

 Baca juga : 10 DOA YANG DAPAT MENGUBAH KONDISI FINANSIAL ANDA MENJADI LEBIH BAIK

  1. Nabung saham

Kalau tujuan kita investasi, maka kita bisa memilih untuk menabung saham. Sebelum menabung saham, kenali dulu saham apa yang akan kita beli. Bisa dengan analisis fundamental, agar kita tahu prospek tabungan saham kita kedepannya. Dengan menabung saham, kita juga bisa mendapatkan deviden lho. Jadi sangat lumayan hasilnya nanti.

 

  1. Peer to Peer (P2P) Lending

Jenis investasi ini bisa memberikan pengembalian yang besar. P2P merupakan skema pembiayaan yang mempertemukan pihak investor yang memiliki modal dengan pihak yang peminjam yang membutuhkan modal.

Praktik kegiatan juga difasilitasi oleh lembaga yang mendapatkan persetujuan oleh OJK sehingga sangat aman dan terjamin. Setiap investor sangat sulit menemukan instrumen investasi yang memberikan untung tinggi, di sisi lain banyak calon peminjam yang sulit mendapatkan dana.

P2P Lending akan mempertemukan kedua pihak yang memiliki kesulitan masing-masing dan mencapai kesepakatan untuk tujuannya masing-masing. Rata-rata pengembalian dari jenis investasi ini adalah 14 hingga 20 persen setiap tahunnya, Lebih tinggi dari bunga tabungan dan juga deposito.

Apakah pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda? Mari dukung terus Superbook agar bisa memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk banyak orang.

SAYA DUKUNG

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK