ARTICLE

Thu - Nov 04, 2021 / 1138 / Sunday School

Tips Agar Anak Tidak Mudah Bosan Saat Sekolah Minggu Online dan Tatap Muka

Membuat anak betah belajar di sekolah minggu memang susah-susah gampang ya. Mereka sudah lelah belajar dari hari Senin sampai Jumat (bahkan ada yang Sabtu juga masuk), eh belajar lagi di hari Minggu. Apalagi kalau sekolah minggu masih dilaksanakan secara online. Jangan sampai akhirnya anak-anak hanya memutar Zoom/ Youtube lalu tidak mengikuti ibadah dengan sungguh-sungguh.

Lalu bagaimana caranya supaya anak tetap tertarik dan tidak bosan dengan sekolah minggu dan betah belajar firman Tuhan?

Kelas yang masih online

Baca juga : 3 INOVASI MENGAJAR GURU SEKOLAH MINGGU ZAMAN NOW

Kali ini Momin mau membagi tipsnya menjadi 2 tipe, yang online dan tatap muka. Untuk yang online, kakak bisa membuat kelas menyenangkan dengan cara:

  1. Usahakan jangan telat karena kalau telat, anak bisa meninggalkan kita sambil melakukan kegiatan lainnya.
  2. Tetap terjadi interaksi dua arah dan sapa anak.
  3. Ada kuis secara online. Bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Quizizz, Kahoot!, atau malah hanya power point. Yang penting seru!
  4. Ajak anak berdiskusi kelompok dengan breakout room. Cari tahu caranya disini.
  5. Jangan terlalu lama durasinya. Maksimal 1 jam.
  6. Semakin kreatif cara penyampaian firman Tuhan. Maksimalkan penggunaan slide, video, panggung boneka, visual yang bagus, dll. Setelah itu ditutup dengan eksperimen atau prakarya yang sesuai dengan pembahasan firman Tuhan.
  7. Usahakan pakai formula “minggu depan” dengan memberikan spill/ petunjuk yang menarik dan membuat anak ingin tahu serta tidak sabar menantinya.

Kelas tatap muka

Baca juga : PUSING MENGHADAPI ANAK YANG SUKA BERBOHONG? CARI TAHU CARA MENGATASINYA DISINI

Untuk sekolah minggu tatap muka, kita harus maksimalkan kedekatan dan hubungan kita dengan anak. Dengan tatap muka, kita bisa lho lebih intim dengan anak dan membuat suasana menjadi lebih hidup. Caranya:

  1. Buat suasana menjadi menarik dan menghibur anak

Kakak bisa mengajak anak untuk menghias kelas bersama agar kelas nampak tidak membosankan dan membuat mereka nyaman belajar. Selain itu, kakak juga bisa mengajak anak untuk terlibat dalam melayani di sekolah minggu lho. Entah menjadi pemusik, asisten guru, atau membawakan doa.

  1. Berikan hati kita sepenuhnya

Jangan harap memperoleh engagement dari anak-anak kalau kakak tidak mendalami pelajaran atau malas berkreasi. Mereka tidak akan tertarik dengan gaya mengajarmu kalau kakak sendiri tidak tertarik mengajar mereka.

  1. Tekankan bahwa kisah Alkitab itu nyata

Tekankan ke mereka bahwa kakak tidak sedang mendongeng. Kisah-kisah di Alkitab memang benar-benar pernah terjadi dan menceritakan kehadiran Allah yang nyata.

  1. Rahasia “minggu depan”

Sama seperti online, tidak ada salahnya guru memberikan spill kalau minggu depan anak akan mempelajari hal yang tidak kalah seru dan menariknya dari hari ini.

Itulah cara membuat anak agar tidak bosan saat bersekolah minggu. Yuk dukung pelayanan-pelayanan guru sekolah minggu (GSM) di seluruh Indonesia dengan menyediakan training berkala yang melatih kemampuan GSM, lewat Super Teacher Online!

DUKUNG KAMI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK