ARTICLE

Tue - May 11, 2021 / 519 / Parenting

Terungkap, Ini Kelebihan Anak yang Dekat dengan Ayahnya!

Siapa yang masih berpikir bahwa tugas membimbing dan mendidik anak adalah kewajiban seorang ibu? Sayang sekali kalau begitu lho! Karena ibu dan ayah punya peran yang sama pentingnya dalam membimbing dan mendidik anak. Apalagi sebenarnya anak yang dekat dengan ayahnya punya banyak kelebihan lho.

Bagaimana pun juga, anak yang dekat dengan ayahnya pasti lah ada sisi positif nya. Karena seorang ayah itu adalah kepala keluarga, pemimpin keluarga, maka anak yang dekat dengan ayahnya otomatis akan merasa lebih aman dan ceria. Ayah yang ikut ambil peran itu bukan mksdnya harus full time mengurus anak, namun bisa dimulai dengan menemani anak bermain atau pun mengajari anak dalam mengerjakan tugas2 nya, walaupun hanya 30 menit sehari.

Baca juga : TERNYATA INI ALASAN ANAK BERPERILAKU NEGATIF DI DEPAN ORANG LAIN DAN CARA MENGATASINYA

Berikut ini kelebihan anak yang dekat dengan ayahnya:

  1. Cenderung lebih ceria

Dengan bantuan ayah, anak bisa lebih ceria dan ekspresif. Karena lelaki dikenal sebagai sosok yang kuat dan melidungi, membuat anak pun merasa aman serta nyaman. Interaksi ayah dengan orang lain juga bisa menjadi teladan untuk mendorong anak mudah berinteraksi.

 

  1. Rasa cemas anak hilang

Anak juga bisa merasa cemas terhadap kejadian di sekelilingnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology, anak yang dekat dengan ayahnya akan merasa lebih aman dan jauh dari stress atau cemas. Mereka yang dekat dengan ayah juga mudah mengungkapkan isi hatinya.

 

  1. Emosi anak lebih stabil

Memiliki emosi yang lebih stabil membuat anak menjadi percaya diri, bersemangat, dan dapat menguasai dirinya sendiri.

 Baca juga : HAL YANG BISA ANAK DAN ORANG DEWASA PELAJARI DARI PERUMPAMAAN TENTANG TALENTA

  1. Prestasi akademik menjadi lebih baik

Berdasarkan penelitian University of New Jersey, anak yang dekat dengan ayahnya memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak memiliki kedekatan. Pria dikenal sebagai pribadi yang logis, jadi bayangkan saja kalau anak meneladani kecenderungan berpikir si ayah di masa belajarnya.

 

  1. Lebih tahu cara memperlakukan lawan jenis

Ayah dan ibu adalah sosok utama yang anak bisa teladani. Anak bisa belajar bagaimana cara memperlakukan lawan jenis dari perlakuan orang tuanya. Saat ayah memperlakukan ibu dengan penuh kasih dan sayang, maka anak juga akan menghargai perempuan atau laki-laki di sekitarnya. Namun anak tidak akan belajar apa-apa saat ayah tidak melakukan hal yang pantas pada pasangan, misalnya KDRT atau marah yang berlebihan tanpa meminta maaf.

Nah apakah para ayah sudah dekat dengan anak nih? Yuk kita coba ya yah. Untuk para ibu, yuk share artikel ini ke ayah supaya ia mau dekat dengan anak. Jika Superparents terberkati dengan artikel-artikel kami, dukung terus yuk dengan bergabung bersama kami, memuridkan anak serta keluarganya.

DUKUNG

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK