ARTICLE

Fri - Jun 28, 2019 / 855 / Sunday School

Ternyata Peranan Guru Sekolah Minggu Itu Sejajar dengan Penginjil lho! Ini Alasannya

Kakak minder karena hanya bisa melayani sebagai guru sekolah Minggu saja? Eh..eh..eh.. jangan donk kak! Tahukah kakak kalau pelayanan kakak itu penting banget lho! Karena masa depan anak-anak yang sedang haus Firman Tuhan ini bergantung pada kakak semua. Jadi jangan malas bekerja di ladangnya Tuhan ya, alias on off on off.

Yuk kita lihat Efesus 4: 11-12, Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.”

Baca juga : ABADIKAN KEGIATAN SEKOLAH MINGGU DENGAN MEMBUAT VIDEO YANG MUDAH DAN KEREN

Hayo, guru sekolah Minggu termasuk pengajar bukan kak? Iya kan tugasnya mengajar. Nah berarti guru sekolah Minggu itu sebenarnya sejajar dengan rasul, nabi, penginjil, dan gembala lho! Seharusnya kakak bangga. Apalagi kalau kita perhatikan lebih lanjut kata “Ia” di depannya, berarti Tuhanlah yang sebenarnya memilih dan memperlengkapi.

Kadang sekolah Minggu itu jadi rendah nilainya ketika gurunya tidak menjalankan tugas secara profesional, kurang semangat, dan tidak mengerti panggilan dirinya. Lalu bagaimana caranya supaya kita jadi guru yang profesional di dalam Tuhan?

 

1. Intim dengan Tuhan

Soalnya keintiman kita dengan Tuhan akan membentuk kita menjadi pribadi yang sungguh-sungguh dalam melayani karena mengerti isi hati Tuhan.

 

2. Punya kasih yang besar

Anak-anak adalah anggota gereja yang luar biasa dimana perlu kita didik dengan benar sesuai firman Tuhan. Sedikit atau banyak anak yang kakak ajar, kasih kakak ya harus sama banyaknya. Kan kita belajar dari kasih Tuhan Yesus yang adil.

Kalau kita baca kembali ayat yang kedua belas, “untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus.” Jelas dipaparkan kalau anak juga merupakan orang kudus yang eprlu kita perlengkapi dan persiapkan.

 

3. Belajar terus ya

Sebagai guru sekolah Minggu, kita juga harus terus belajar agar bisa relevan dengan kebutuhan anak. Nantinya kita bisa menjawab tantangan perkembangan zaman. Masa kita masih pakai cara lama di anak-anak yang sudah beda generasi ini.

Baca juga : AJAK ANAK BELAJAR JADI BERKAT DENGAN MENGHIBUR PARA LANSIA YUK!

Kalau kakak sedang bosan dalam melayani saat ini, mungkin karena kakak kurang kreatif dan kurang intim sama Tuhan. Kan Tuhan itu sumber kreativitas kita. Kalau kita mempersiapkan semuanya dengan baik, maka iman anak bisa bertumbuh dengan baik juga di dalam Tuhan.  Semangat untuk terus melayani anak ya kak!

Oh iya, bagi kakak yang mau tahu lebih lanjut beragam tips untuk mengajar, yuk subscribe Youtube channel Superbook di bawah ini dan share ke guru sekolah Minggu lainnya. Tuhan memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK