ARTICLE

Thu - Jun 27, 2019 / 420 / Sunday School

Abadikan Kegiatan Sekolah Minggu dengan Membuat Video yang Mudah dan Keren

Kemajuan teknologi tidak selamanya membawa dampak negatif pada gereja lho. Justru sekarang kita bisa memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna untuk perkembangan sekolah Minggu. Salah satunya dengan mengabadikan momen-momen berharga kegiatan sekolah Minggu. Apalagi sekarang sudah ada smartphone yang bisa membantu kita membuat video berkualitas tanpa ribet pakai kamera mahal dan software editor di komputer.

Nah sebelum kakak guru sekolah Minggu bersemangat banget membuat video untuk sekolah Minggu kakak, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

Baca juga : AJAK ANAK BELAJAR JADI BERKAT DENGAN MENGHIBUR PARA LANSIA YUK!

1. Pertama-tama bersihkan lensa kamera smartphone kakak

Langkah ini terdengar mudah tapi kadang justru sering terlupakan. Padahal kamera video yang kotor, bisa mempengaruhi hasil rekamnya lho. Oleh karena itu, pastikan kamera di smartphone kakak bersih lewat mengusapnya dengan tissue lembut atau kain untuk membersihkan kaca mata.

2. Atur kamera smartphone

Jika lensa sudah bersih, yuk mulai atur kualitas kamera kakak. Saran mimin sih coba dibuat jadi 1080p at 30 fps. Dengan pengaturan ini, hasilnya pasti lebih mulus dan jernih.

Sumber: jalantikus.com

3. Gunakan tripod atau stabilizer jika punya. Kalau tidak kakak bisa menggunakan kedua tangan saat merekam.

Kekurangan merekam dengan smartphone memang pada guncangan yang bisa terjadi saat pengambilan gambar. Ini sangat mempengaruhi hasilnya lho kak. Makanya jika kakak memiliki tripod atau stabilizer untuk smartphone, kakak bisa menggunakannya untuk mengurangi dampak guncangan. Atau kalau tidak punya, jangan khawatir, kakak bisa gunakan kedua tangan agar lebih kokoh saat merekam.  

Sumber: jalantikus.com

4. Rekam video dengan posisi horisontal saja

Kenapa sih harus horisontal? Supaya hasilnya lebih estetis dan mudah ketika kakak mau upload ke media sosial seperti youtube, facebook, maupun instagram. Kan enak melihatnya kak kalau bentuknya landscape karena tidak akan menyisakan border warna hitam disamping kanan kirinya.

5. Ketahui posisi mikrofon

Kadang sudah keren-keren hasil rekamannya, ternyata kakak lupa kalau mikrofon di handphone/ smartphone tertutup oleh tangan sehingga hasil suara videonya tidak maksimal. Sebaiknya sebelum mulai merekam, pastikan dulu kalau mikrofonnya tidak tertutup ya.

Baca juga : YUK RANCANG ACARA TAMASYA SAMBIL BERMISI BERSAMA SEKOLAH MINGGU!

6. Jangan pakai zoom digital

Lalu yang penting juga, sebaiknya kakak tidak memakai zoom digital saat merekam karena kualitas videonya nanti menjadi tidak tajam. Ketimbang memakai zoom, lebih baik kalau kakak mendekati obyek yang sedang kakak rekam ya.

7. Berlatih terlebih dulu

Nah ini yang terakhir tapi penting untuk dilakukan, yaitu latihan merekam. Sebelum kakak merekam, yuk coba latih apakah masih ada guncangan saat mengambil video, lalu coba untuk tidak mengambil gambar secara terputus-putus, baik dari atas atau bawah, dan dengarkan hasil suara yang sudah direkam (apakah sudah cukup jelas atau banyak gangguan disekitarnya).

Sumber : idntime.com

Kalau kakak sudah siap mengabadikan momen sekolah Minggu, Superbook mau usul nih ke kakak 10 aplikasi yang bisa kakak gunakan untuk mengedit videonya. Ada :

  1. FilmoraGo (recommended)
  2. Adobe Premiere Clip
  3. VideoShow
  4. PowerDirector
  5. KineMaster
  6. Quik
  7. VivaVideo
  8. Funimate
  9. Magisto
  10. Movie Maker Filmmaker

Kakak juga bisa lho ajak anak-anak sekolah Minggu untuk menjadi #heroofchange dengan ikutan #tantangansuperbook! Jika hasil video dokumentasi kegiatan sekolah Minggu kakak cukup baik, wah kakak juga bisa ikutan CBN Testify 20 dan memenangkan puluhan juta rupiah. Untuk keterangan lebih lanjut, kakak bisa membacanya ...

KLIK DISINI

Sumber: berbagai sumber

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK