ARTICLE

Thu - Mar 12, 2020 / 1564 / Inspirational

TOKOH ALKITAB INSPIRASIKU - DAUD, RAJA ISRAEL PENAKLUK RAKSASA

Dari sekian banyak karakter di Alkitab, ada beberapa karakter yang bahkan memiliki panggilan spesial. Salah satunya adalah Daud. Bukan hanya raja, ia juga disebut sebagai “Orang yang berkenan kepada Tuhan”

Sebagai pemimpin, Daud bukannya tidak bisa jatuh dalam dosa. Tapi, hubungannya yang intim dengan Tuhan membuat ia bisa bertobat dan menjadi berkat bagi banyak bangsa. Apa sih yang bisa kita pelajari dari Daud?

Baca juga: TOKOH ALKITAB INSPIRASIKU - MUSA, PEMIMPIN ISRAEL MENUJU TANAH PERJANJIAN!

  1. Tuhan > Masalah

Masalah ada bukan untuk membuat kita semakin jauh dari Tuhan, tapi semakin dekat. Daud sadar itu. Karena itu, ketika ia menghadapi Goliath, dikejar Saul, bahkan dikejar Absalom, ia tidak takut dan tetap PERCAYA KEPADA TUHAN!

Yuk, mulai belajar pandang Tuhan sebagai Bapak yang membela kita, dan masalah sebagai proses mendewasakan kita. Ingat, TUHAN LEBIH BESAR DARI MASALAH KITA!

  1. Hormati pemimpin mu!

Tidak mudah untuk tidak membalas dendam kepada orang yang mengganggu hidup kita, bahkan ingin membunuh kita, walaupun itu pemimpin. Tapi, beda dengan Daud. Disaat ia ada di kesempatan untuk membunuh orang yang ingin membunuhnya, ia tidak mengambil keputusan itu.

Kenapa? Karena Saul adalah pemimpin Daud yang sudah diurapi Tuhan (1 Samuel 24:7). Rasa hormat dan taat Daud kepada pemimpin yang sudah ditetapkan Tuhan patut kita contoh. Yuk, mulai belajar hormati pemimpin mu, baik itu orang tua, pemimpin di sekolah, kantor, atau gereja.

  1. Belajar mendengarkan teguran

Biasanya, ketika orang sudah ada di atas dan memimpin, kelemahan terbesarnya adalah sulit ditegur. Tapi, sekali lagi, Daud tidak melakukan apa yang dunia lakukan. Ia tidak memandang jabatannya dan merendahkan diri.

Ketika ia berselingkuh dengan Betsyeba dan merencanakan pembunuhan berencana terhadap Uria, Nabi Natan diutus Tuhan untuk menegur Daud. Bagaimana respon Daud? ia tidak membantah Nabi Natan. Ia menangis dan meminta ampun. Akhirnya, Daud pun bertobat. Yuk, belajar mendengarkan teguran!

  1. Intim dengan Tuhan!

Dari semua poin, inilah nilai hidup yang paling menonjol dari Daud. Tiada hari tanpa berhubungan dengan Tuhan, menaikkan pujian, penyembahan, dan pengagungan kepada-Nya. Buktinya, kebanyakan pujian di kitab Mazmur adalah hasil keintiman Daud dan Tuhan, baik dalam  kebahagiaan, kesusahan, dalam banyak hal.

Baca juga: TOKOH ALKITAB INSPIRASIKU - ELIA, NABI BESAR DARI TISBE

Daud bukan hanya menjadi pemimpin biasa. Ia menjadi pemimpin yang takut akan Tuhan dan mengandalkan Tuhan dalam hidupnya! Bagaimana dengan kita?

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK