ARTICLE

Thu - Oct 01, 2020 / 554 / Sunday School

Superparents Harus “Hati-Hati” dengan Guru Sekolah Minggu yang Seperti Ini!

Kata siapa menjadi guru sekolah minggu (GSM) adalah pelayanan yang mudah? GSM dititipkan anak-anak dengan berbagai macam karakter oleh orang  tuanya. Ditambah mereka terbiasa belajar dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang dididik sudah mengenal Tuhan sejak mereka kecil, ada yang masih awam tentang agama, ada yang punya pendapat nyeleneh, dan segala keunikan lainnya.

Tapi tahukah Superparents, kalian harus mulai berhati-hati dengan tipe-tipe guru sekolah minggu seperti di bawah ini:

Baca juga : HAMBATAN SEKOLAH MINGGU KAMU TIDAK BISA BERTUMBUH PART 2

  1. Menguasai materi / firman Tuhan yang dibawakan dan dekat dengan anak

Nggak gampang lho untuk seorang GSM paham dan bisa menjelaskan firman Tuhan sesuai dengan gaya bahasa apalagi kebutuhan anak. Kalau sekalinya mereka menguasai lalu bisa engage dengan anak-anak, bahaya Superparents. Anak-anak bisa semakin rajin ke sekolah minggu dan kita jadi senang deh karena mereka senang mendengarkan firman Tuhan. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua mampu untuk setidaknya setara dengan para guru sekolah minggu ini. Agar firman Tuhan yang disampaikan di sekolah minggu, selanjutnya bisa kita ajarkan kembali dan mengingatkan anak-anak dalam kehidupan keseharian mereka.

 

  1. Kreatif

Wah apalagi yang ini Superparents. Guru sekolah minggu yang kreatif dan mampu membawakan sekolah minggu dengan suasana serta cara yang berbeda setiap minggunya, bisa bikin kita pusing. Soalnya dengan kreativitas mereka, anak-anak juga akan semakin menyukai firman Tuhan serta mengenal Tuhan dengan baik. Ini tantangan kita sebagai orang tua agar tidak boleh kalah kreatif dengan mereka di rumah. Masa mau dibilang anak,”Ah kalau mama yang ceritain kisah Alkitab aku mah nggak ngerti.”

 

  1. Disiplin dan bertanggung jawab plus menginspirasi anak

Ini sih namanya bukan bahaya lagi. Tapi menakutkan. Kalau gurunya disiplin dan bertanggung jawab, mereka bisa menjadi panutan bagi anak-anak kita. Kita juga harus mampu menandingi teladan dari para guru sekolah minggu ini lho!

 

  1. Mendidik dengan hati

Guru sekolah minggu bukanlah sekadar pelayanan biasa atau profesi lho. Lebih dari itu, guru juga dimaknai sebagai pengabdian dan ibadah karena mereka memiliki tanggung jawab yang besar kepada Tuhan untuk mendidik anak serta mendoakannya. Orang tua sebenarnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan guru sekolah minggu. Kalau di rumah anak saja sudah tidak nyaman dengan orang tuanya, bagaimana orang tua bisa menyampaikan firman dan menjadi teladan anak.

 Baca juga : HAMBATAN SEKOLAH MINGGU KAMU TIDAK BISA BERTUMBUH PART 1

  1. Menguasai teknologi dan informasi

Wah ini, tantangan banget buat para orang tua. Karena di zaman serba digital dan cepat, kita dituntut juga untuk mengikuti zaman agar relevan dengan kehidupan anak. Guru-guru sekolah minggu yang menguasai teknologi kemungkinan besar memahami kebutuhan dan kahidupan anak zaman sekarang. Mereka mampu mengajar dengan memanfaatkan pengetahuannya agar anak merasa memiliki ‘teman’ yang mengerti mereka.

Nah 5 tipe guru sekolah minggu tadi perlu kita perhatikan Superparents. Kita jangan mau kalah dengan mereka ya. Agar anak juga bisa belajar firman Tuhan dengan nyaman di rumah. Karena pada dasarnya Tuhan sudah menitipkan ciptaan terbaik-Nya kepada kita, orang tua. Bukan gurunya. Oleh karena itu, kitalah yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap perkembangan iman anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK