ARTICLE

Tue - Aug 01, 2017 / 2481 /

Stress Datang Saat Hamil? Ini SOLUSI AMPUHNYA

Masa kehamilan adalah masa-masa yang harus serba hati-hati terhadap berbagai macam aktivitas. Mommy harus sangat teliti dan memahami hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan juga boleh atau tidak boleh dikonsumsi.  Di masa ini Mommy sangat rentan sekali terhadap banyaknya beban pikiran yang mengakibatkan stress ringan maupun berat. Tapi Mommy harus tahu loh ya bahwa sebenarnya stress itu jangan sampai Mommy rasakan karena fatal akibatnya.

Namun apa jadinya jika stress itu sudah menghampiri Mommy? Jangan semakin stress ya Mom. Ini dia beberapa cara yang bisa Mommy lakukan ketika kondisi ini sedang terjadi.

1. Berbicara dengan Orang Terkasih

Memang benar ya Moms, tidak ada yang lebih menyenangkan dan melegakan ketika kita berinteraksi dengan orang terkasih khususnya orang tua, anak,  sahabat dan suami tercinta. Dalam masalah ini, ketika Mommy sedang stress disarankan untuk Mommy berbicara dengan pasangan. Biasanya saat hamil seperti ini Mommy akan memiliki rasa cemas yang berlebihan maka akan sangat penting untuk berbicara dengan suami. Terbukalah kepada pasangan. Ceritakan keluh kesah yang sedang dirasa tanpa merasa canggung apalagi malu. Peran suami ketika istri hamil cukup penting karena diharapkan bisa mengatasi rasa khawatir sang istri dan menggantinya dengan rasa kenyamanan dan kehangatan.

 

2. Istirahat Cukup

Istirahat selalu menjadi hal yang pastinya wajib dilakukan dan memang sangat dibutuhkan oleh Mommy.  istirahatlah yang cukup ya Moms. Pada usia kehamilan menginjak minggu ke 23, sebenarnya bayi dalam rahim Mommy sudah mulai bisa mendengar. Jadi apabila Mommy sedang istirahat bisa saja sambil mengobrol dengan lembut kepada bayi Mommy tersebut. Cara ini bisa dijadikan salah satu alternative untuk menghilangkan stress saat hamil juga sekaligus menjadi cara manis untuk Mommy bisa lebih menjalin erat hubungan yang baik antara Mommy dan juga si bayi.

 

3. Makanan yang Bergizi

Mengkonsumsi asupan makanan sehat dan bergizi juga harus tetap diperhatikan  di sepanjang waktu. Bukan hanya pada saat stress itu datang. Tapi biasanya ketika sedang stress, nafsu makan Mommy akan menurun dan Mommy jadi malas makan. Betul tidak Mom? Jangan sampi loh Moms hal ini terjadi. Mommy harus tetap memaksakan diri mengkosumsi asupan bergizi walau dalam keadaan apapun. Memangnya Mommy tidak kasihan sama si kecil di perut Mommy jika dia kekurangan nutrisi? Jangan begitu ya Moms.

 

4. Olahraga Ringan

Selain istirahat, olahraga juga sangat disarankan bagi ibu hamil yang sedang berada dalam kondisi stress. Tapi hanya sekedar olahraga ringan ya Moms, seperti jalan kaki dan latihan penafasan. Mommy bisa saja memilih renang sebagai salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan tapi untuk berenang itu sendiri Mommy punya ijin dari dokter dulu untuk bisa melakukannya atau tidak.

 

5. Pijat Relaksasi

Siapa sih yang tidak suka dipijat? Rasanya tidak ada ya. Badan akan terasa segar sekali  kalau habis dipijat. Benar kan? Mommy bisa loh mengambil cara ini untuk menjadi salah satu bagian yang bisa mengurangi stress di waktu hamil. Pijat relaksasi akan menghilangkan stress dan ketegangan yang Mommy rasakan. Selain itu juga tubuh dan pikiran akan lebih rikeks dibandingkan sebelumnya.

 baca juga : 7 Hal Inilah yang Kerap Diingat Anak dari Orangtuanya

6. Beri Ruang untuk Santai

Selalu sempatkan waktu Mommy setiap harinya untuk sekedar bersantai walau hanya 10 menit. Manfaatkan waktu 10 menit itu untuk benar-benar melepaskan beban pikiran yang sedang Mommy pikul. Lepaskan, jangan terus disimpan. Untuk media santainya Mommy bisa memilih membaca bacaan ringan atau bisa saja mendengarkan instrument musik yang sangat lembut. Atau melakukan hobi Mommy yang lainnya. Hobi yang tidak memicu kelelahan ya Moms pastinya.

 

7. Mencari Penyebab Stres

Pastikan Mommy untuk mencari penyebab stress yang sedang Mommy rasakan itu karena apa. Karena sebenarnya hanya Mommy lah yang tahu kenapa Mommy bisa stress seperti itu.  Mungkin penyebabnya adalah hubungan antar personal, hubungan dengan pekerjaan atau lainnya. Selanjutnya Mommy usahakan mencari jalan keluarnya agar stress itu tidak lagi menghampiri Mommy secara berkepanjangan. Jika tidak mampu untuk menyelesaikannya, mintalah bantuan suami tercinta untuk bersama-sama membantu jalan tengah penyelesaiannya.

Stress memanglah hal yang terlihat biasa saja tapi berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih lagi kepada ibu yang sedang memasuki masa kehamilan. Sangat tidak dianjurkan bagi Mommy untuk merasakan stress. Mungkin beberapa cara di atas bisa Mommy tempuh ketika stress itu sedang datang. Semoga bermanfaat ya Moms.

baca juga : Apa aja sih Plus dan Minus nya jadi Wanita Karir?

 

sumber : mamahmuda.com / superbookindonesia.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK