ARTICLE

Thu - Jun 03, 2021 / 637 / Sunday School

Serba Serbi Tentang Pentakosta yang Bisa Kita Ceritakan Kepada Anak

Hari Pentakosta adalah hari bersejarah bagi seluruh umat Kristiani. Di hari tersebut, Roh Kudus turun sehingga orang-orang percaya mampu berkata-kata dalam bahasa lain. Saat itu jugalah mereka yang berasal dari beragam latar belakang, disatukan dalam kasih.

Peristiwa pentakosta ini merupakan momentum bagi kita dan anak-anak untuk menyadari serta mengimani bahwa Allah turut bekerja dalam diri setiap orang percaya. Melalui Roh Kudus, Tuhan memakai kita untuk menjadi saksi-Nya dan menceritakan kepada banyak orang tentang perbuatan-Nya yang ajaib.

Mungkin sebagian anak berpikir, kenapa ya kita merayakan hari pentakosta. Atau malah belum mengerti makna pentakosta. Nah kali ini, Superbook mengajak kakak untuk membantu menjelaskan kepada anak-anak tentang serba serbi Pentakosta ini.

Baca juga : TRIK AGAR ANAK BERANI SEKOLAH MINGGU !

Arti Pentakosta

Pentakosta diambil dari kata “penta” yang berarti ke-50. Pada masa Perjanjian Lama, Pentakosta adalah hari raya orang Yahudi untuk mensyukuri hasil panen yang diselenggarakan 50 hari setelah Paskah. Tapi di Perjanjian Baru dikisahkan bahwa di hari Pentakosta, orang-orang berkumpul dalam satu tempat. Saat itu, Roh Kudus turun atas mereka, sehingga mereka mampu berkata-kata dalam bahasa lain dan menceritakan tentang perbuatan Allah yang besar (Kisah Para Rasul 2:1-2).

Dampak Pentakosta

Peristiwa Pentakosta saat itu membuat banyak orang terheran-heran. Dan sebanyak tiga ribu jiwa bertobat hari itu (Kisah Para Rasul 2:41). Setelah kejadian itu, mereka kembali ke daerahnya masing-masing dan membawa Kabar Baik bagi orang-orang disekitarnya.

Sekarang, Kabar Baik tentang pengharapan dari Allah semakin berkumandang di seluruh dunia. Kita bisa menyaksikan dan merasakannya di ibadah gereja-gereja, persekutuan doa, sekolah minggu, bahkan ibadah online. Kita sebagai orang percaya juga harus mewartakan kasih-Nya ke semua orang. Tidak perlu minder kak, karena Roh Kudus akan memampukan kita baik dalam perkataan, sikap, perilaku, maupun pemikiran.

Baca juga : BAGAIMANA MENGHADAPI ANAK YANG NGAMBEK SAAT SEKOLAH MINGGU ?

Yuk kita memuji Tuhan karena Roh-Nya selalu bekerja di antara kita dan mampu menyatukan orang-orang dari segala bangsa!

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke seluruh media sosial yang kakak punya agar semakin banyak orang yang terberkati. Klik share di bawah ya…

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK