ARTICLE

Fri - Feb 07, 2020 / 3324 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #4 – DILEMA PEMIMPIN PUJIAN SEKOLAH MINGGU

Dalam ibadah sekolah Minggu, pemimpin pujian adalah salah satu elemen penting. Tapi, banyak loh gereja yang tidak mempersiapkan pemimpin pujian dengan baik, karena banyak yang berpikir jika memimpin pujian di sekolah Minggu lebih mudah dibanding di ibadah biasa. Kata siapa?

Pemimpin pujian punya tugas untuk mengajak untuk menyembah Tuhan. Masalahnya, di ibadah anak-anak, tidak mudah mengajaknya untuk menyembah Tuhan loh. Ada beberapa hal yang harus disiapkan. Apa saja sih?

Baca juga: 5 CARA MENGHADAPI TANTANGAN YANG TERJADI DI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

  1. Siapkan 3 elemen penting!

Ada tiga elemen persiapan yang penting banget untuk semua pemimpin pujian sekolah Minggu. HAFAL LIRIK, HAFAL GERAKAN, LATIHAN. Hafal lirik dan latihan mungkin juga kewajiban penting bagi pemimpin pujian ibadah umum. Tapi, kenapa kita harus hafal gerakan?

Biasanya di ibadah umum, gerakan tidak terlalu banyak, karena jemaat berasal dari umur yang beragam. Tapi, di sekolah Minggu jelas beda. Anak-anak selalu penuh semangat. So, kita gabisa hanya menyiapkan lagu tanpa ada gerakan unik yang ditambahkan, untuk menambah semangat anak. Karena itu, kakak pun harus hafal gerakan.

  1. Be excited!

Nah, semua persiapan yang baru saja dibahas akan percuma jika ketika kakak melayani, kakak tidak excited. Anak-anak sangat senang dengan sesuatu yang membuat mereka semangat, melompat, bahkan menari dengan girang. Tapi, itu akan sulit mereka lakukan ketika kakak tidak mempraktekkannya. Karena, sukacita itu menular loh kak!

Sumber: Pexels
  1. Evaluasi diri!

Jangan pernah lupakan bagian ini ya kak. Seperti yang dibahas di seri sebelumnya, bahwa evaluasi adalah hal penting, karena akan memberikan koreksi untuk pelayanan kita. Jika di gereja kakak belum ada evaluasi, kakak bisa minta saran kepada teman sepelayanan kakak, tentang apa yang kurang, dan apa yang baik.

Itu akan membuat kakak semakin paham apa yang harus dan tidak harus dilakukan oleh kakak di ibadah selanjutnya loh. Benar kan kak?

Baca juga: SERBA-SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU – PENTING GAK SIH EVALUASI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU?

Jadi, untuk semua pemimpin pujian sekolah Minggu, jangan pernah lupa bahwa pelayanan ini bukan main-main. Jadi, yuk persiapkan dengan serius. Oh iya, kalau kakak ingin tahu lebih banyak tentang Superbook dan pelayanan yang Superbook lakukan, kakak bisa klik tulisan di bawah. Tetap semangat melayani generasi kak!

KLIK TULISAN INI UNTUK TAHU LEBIH BANYAK TENTANG SUPERBOOK

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK