ARTICLE

Fri - Feb 28, 2020 / 1854 / Sunday School

SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU #8 – CARA MUDAH AJAK ANAK AKTIF MELAYANI SEKOLAH MINGGU

Pernah gak kak dengar kalimat seperti “Capek banget sih pelayanan sekolah Minggu”, “Kok aku melayani sendirian mulu sih”, atau “Kok ribet banget sih urus pelayanan anak” ketika kakak sedang pelayanan sekolah Minggu? Kalau pernah, atau mungkin orang itu adalah kakak, itu artinya kakak harus buru-buru regenerasi.

Masalahnya, cari regenerasi pelayan sekolah Minggu itu gak mudah, apalagi kalo cari yang seumuran. Cara terbaik adalah libatkan anak dalam pelayanan kak! Tapi, melibatkan anak ikut melayani itu gak mudah. Nah, sebagai pelayan, yuk lakukan hal-hal ini untuk membuat anak-anak sekolah Minggu antusias melayani

Baca juga: TOKOH ALKITAB INSPIRASIKU - ELIA, NABI BESAR DARI TISBE

  1. Berikan pengertian

Sebelum melibatkan mereka ke dalam pelayanan, berikan pengertian yang benar dulu tentang melayani. Apa itu melayani, bidang apa yang cocok buat mereka untuk melayani, dan bagaimana cara melayani. Jangan lupa, ingatkan dasar pelayanan berulang-ulang, agar ia mengerti dengan pasti esensi dari melayani.

  1. Berikan teladan

Teladan adalah senjata paling powerfull bagi banyak orang. Tanpa teladan yang benar, jangan harap anak ingin melayani. Jadi, sebagai pelayan, yuk berikan teladan yang benar. Layanilah dengan semangat, muka yang ceria, dan jangan lupa tersenyum kak!

Sumber: Thrive Global
  1. Berikan kesempatan ketika gagal

Anak-anak selalu senang dengan kesempatan, dan sangat mudah merasa bersalah ketika gagal. Jadi, coba kakak berikan kesempatan kepada mereka ketika gagal. Biarkan mereka belajar dari kegagalannya, dan jangan lupa ajari mereka untuk jadi lebih baik.

  1. Berikan apresiasi ketika berhasil

Nah, jika ia berhasil, jangan lupa berikan ia apresiasi ya kak. Anak-anak senang sekali diapresiasi, apalagi jika diberikan hadiah. Jadi, jangan sungkan dan malas memberikan apresiasi jika ia berhasil menyelesaikan kesempatan pelayanannya.

Baca juga: RESOLUSI YANG WAJIB ORANG TUA KRISTEN LAKUKAN. SUPERPARENTS SUDAH SIAP?

Dengan empat cara mentoring ini, kakak bisa mengenalkan Yesus melalu pemuridan kakak, bahkan sampai sang anak nanti bisa menggantikan kakak menjadi pelayan sekolah Minggu. Semakin muda mereka mengenal kebenaran, semakin cepat mereka menjadi pemimpin loh. Jadi, ayo memuridkan generasi anak sekarang!

Daniel Okta

Content Wrtier
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK