ARTICLE

Fri - Nov 02, 2018 / 239 / Inspirational

Row Your Boat – Arti Lagunya Ternyata Dalam Banget Buat Kehidupan Iman Kristen Kita

Siapa yang masa kecilnya pernah menyanyikan lagu “Row Your Boat”? Lagu bahasa Inggris dengan lirik yang cukup singkat ini, ternyata punya makna yang dalembanget lho! Jadi kalau sekarang kita cuma sekedar menyanyikannya, kenapa tidak kita memahami makna dan mendalaminya di kehidupan kita.

Row row row your boat!

Gently down the stream,

Merrily merrily merrily

Life is but a dream!

Lagu ini memang lagu anak-anak, namun maknanya juga menyentuh orang-orang dewasa seperti kita. Kehidupan kita ini bisa diibaratkan lautan yang harus kita arungi. Banyak orang berpikir, hidup ikuti aliran air saja, ‘going with the flow’. Ternyata kita sebagai umat percaya, seharusnya nggak seperti itu. Melainkan seperti lirik di lagu ini.

Baca juga : DALAM MASA-MASA SEKARAT, AVRIL LAVIGNE MENULIS LAGU INI KARENA BUTUH PERTOLONGAN TUHAN

Kita mendayung sesuai dengan rencana Tuhan dalam hidup kita. Semua dilahirkan dengan mempunyai visi atau mimpi dalam hidupnya (life is but a dream). Memang menjalankannya tidaklah mudah. Awalnya kita harus tahu dan paham apa rencana Tuhan dalam hidup kita, kemudian berusaha untuk mewujudkan visi Allah di dalam dunia ini walaupun kelihatannya sulit dan tidak mungkin.

Daripada makin kelihatan sulit, yuk selami dan kita memotivasi diri lewat makna dari lagu ini:

 

1. Tidak menjadi pusat perhatian / demi kemuliaan diri sendiri

Para pendayung itu diibaratkan tidak ada yang mengagumi, mengagungkan, dan memujinya. Mereka hanya melakukan tugasnya yang penting, yaitu sampai ke tujuannya di seberang dan terus mendayung. Walaupun mereka tidak tahu dimana akan dibawa pergi, oleh karena itu …

 

Sumber : Pexels

2. Harus patuh dengan arahan kapten kapal

Kapten (dalam hal ini Tuhan) tahu tujuan hidup setiap kita. Ia yang mengarahkan kita dan sebagai pendayung, kita harus bergantung pada-Nya agar sampai dengan selamat di tujuan. Selain itu, mendayunglah sesuai irama yang diberikan oleh kapten. Irama ini menjaga kecepatan dan agar kita tidak keluar dari jalurnya.

 

3. Berjalan serempak

Pernahkah kamu melihat para pendayung mengayuh dayungnya? Semua berjalan serempak bukan? Di dalam Tuhan, kita perlu kerjasama untuk sampai ke tujuan bersama. Tidak peduli latar belakang, pendidikan, dan hal lainnya kita semua ingin sampai ke tujuan yang sama, yaitu kekekalan di dalam Yesus Kristus. Agar perahu kita bisa berjalan dengan baik, maka marilah kita bekerja sama.

Baca juga : JANGAN BIARKAN DEPRESI MENGGANGGUMU. LAKUKAN 6 TIPS BERIKUT AGAR PEKERJAANMU LANCAR

4. Mendayung dengan riang gembira ditengah arus apapun

Gently down the stream – merrily’, kita mendayung dengan lembu, tidak ‘ngoyo’ atau memaksa mengikuti arus. Dan dalam arus atau keadaan apapun, kita harus riang gembira. Dalam artian iman Kristen, kita harus tetap bersyukur dalam keadaan apapun yang Tuhan berikan. Karena itulah saat-Nya untuk membentuk kita.

 

Sekarang, siapkah kita menjadi pendayung-pendayungnya Tuhan? “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” Ulangan 31:6

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK