ARTICLE

Wed - Nov 16, 2022 / 181 / Parenting

Rahasia Mendidik dan Membesarkan Anak Agar Sukses di Masa Depan

Sebagai orang tua, kita pastinya ingin donk anak nantinya bisa sukses dan mampu membawa pengaruh positif ke sekitarnya. Nah belum lama ini Esther Wojcicki, penulis buku “How to Raise a Successful People” mengungkapkan bagaimana caranya dia membesarkan anak-anaknya menjadi orang yang sukses setelah dewasa.

For your information ya Superparents, ketiga anak Esther adalah orang-orang yang sukses dan berpengaruh lho! Mereka adalah Susan Wojcicki CEO Youtube; Anne Wojcicki pendiri sekaligus CEO 23andMe, dan Janet Wojcicki seorang dokter. Wah keren-keren kan? Nah ini formula yang dia bagikan kepada kita.

Ajarkan KEMANDIRIAN

Menurut Esther, kunci utamaya adalah mengajarkan anak untuk mandiri. Percayalah kepada anak bahwa mereka bisa melakukan sesuatu sendiri. Awalnya mungkin kita bisa kesal dan tidak sabar, tapi lama-kelamaan akan terbiasa. Caranya bisa dilakukan dari hal-hal sederhana:

  1. Mengajak anak untuk mengatur alarm bangun tidur sendiri dan mematuhinya.
  2. Mempersilakan anak untuk memilih pakaian yang akan dipakainya sendiri.
  3. Memberikan tugas rumah yang sederhana, seperti mencuci piring, menyapu, merapihkan tempat tidur, dan lainnya.
  4. Melatih anak mempersiapkan barang yang dia butuhkan untuk sekolah sendiri.
  5. Mengajak anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.
  6. Melatih anak untuk berbelanja sendiri

Baca juga : TERNYATA ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK SAAT TANTRUM ITU BERMANFAAT LHO

Memberikan PILIHAN

Jika Superparents merasa anak masih harus berlatih sebelum diberikan tanggung jawab seperti di atas, Superparents bisa melatihnya dengan memberikan anak pilihan. Saat memberikan pilihan kepada anak, usahakan:

  1. Sortir opsi agar berfokus pada pencapaian tujuan. Misal : adik mau bermain atau ikut belanja bersama mama?
  2. Tawarkan opsi yang terbatas atau spesifik. Misal : adik mau pakai baju kemeja atau dress?
  3. Pahami sudut pandang anak dan berempatilah jika ia menolak pilihan yang Superparents berikan.

Ingatlah ayat Alkitab dari Amsal 22:6 yang berbunyi – “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Ayat ini semakin menguatkan kita bahwa saat kita menanamkan kemandirian pada anak, maka masa depan anak itu juga terjamin karena mereka sudah terbiasa ntuk berpikir dan mengambil tindakan secara mandiri.

Baca juga : APA YANG HARUS DILAKUKAN KALAU ANAK PUNYA ORANG TUA FAVORIT?

Sama juga dengan menanamkan takut akan Tuhan dan menjalankan firman-Nya. Anak yang terbiasa secara mandiri untuk berdoa, membaca Alkitab, memiliki waktu teduh bersama Tuhan, saat dewasa mereka akan dekat dengan Tuhan dan mengandalkan hikmat dari-Nya. Jadi kesuksesan kemungkinan besar bisa mereka raih.

Yesaya 54: 13 – “Semua anakmu akan menjadi murid TUHAN, dan besarlah kesejahteraan mereka.”

Semangat dalam mendidik anak dan menghasilkan generasi yang sukses di masa depan! Tuhan Yesus memberkati Superparents semua.

Contasia C

Content Writer Coordinator
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK