ARTICLE

Fri - Nov 04, 2022 / 187 / Parenting

Apa yang Harus Dilakukan Kalau Anak Punya Orang Tua Favorit?

Pernah nggak sih Superparents nanya sama anak, siapa yang paling mereka sayang? Apakah anak menjawab kedua orang tua atau malah timpang sebelah? Misalnya dia lebih sayang sama mamanya karena lebih sering bersama mama. Tapi apa jangan-jangan anak lebih sayang ayah daripada ibunya. Meski kadang anaknya menjawab seperti bercanda, apakah kita terpengaruh dengan jawaban mereka?

Nah berikut tips momin kalau anak punya orang tua favorit!

  1. Tidak perlu pusing

-        Ketika anak memilih satu dari kedua orang tua, mereka merasa punya kuasa.

-        Pilihan mereka sebenarnya bisa berubah-ubah lho tergantung dengan kondisi emosional mereka. Ada yang jadi senang bisa bermain karena jarang bertemu ayahnya. Ada juga yang sayang sama ibu karena sering bertemu.

Baca juga : ALASAN UTAMA KENAPA ANAK HARUS BELAJAR ALKITAB SEDARI DINI!

  1. Tetap tulus memuji pasangan yang tidak dipilih anak

Supaya pasangan tidak jadi ‘ciut’, tetap puji dan hargai peran mereka ya. Supaya mereka tetap semangat untuk punya pengaruh positif bagi anak.

 

  1. Tidak menunjukkan kesedihan atau frustasi kalau bukan pilihan anak

Sikap yang menunjukkan kesedihan, kekecewaan dan frustasi dari kita kadang malah membuat anak merasa bersalah. Memarahinya dan mengajak anak mengganti pilihan justru membuat Superparents semakin terlihat mencoba mendominasi hidupnya.

 

  1. Beri porsi tugas ke pasangan

Sesekali berikan waktu pasangan untuk dekat dengan anak. Entah dengan bermain bersama, membantunya mengerjakan PR, membuatkan bekal, mengantarnya sekolah, memandikan anak, dan lainnya.

 Baca juga : INI BUKTI KALAU ANDA, PARA ORANG TUA LEBIH KEREN DARIPADA AVENGERS!

  1. Puji pasangan saat mereka mau mengerjakan tugas tersebut

Ketika anak senang dekat dengan ibu dan kita mau mengarahkan bahwa ayah juga bisa apa yang ibu lakukan, Superparents bisa berkata,”Eh ayah juga bisa lho cerita tentang si kancil! Seru lagi. Coba yuk dengerin ceritanya ayah.”

 

  1. Jangan lagi menanyakan siapa yang anak lebih sayang

Daripada mempertanyakannya, lebih baik luangkan waktu terbaik Superparents bersama anak. Bisa dengan membagi waktu atau dilakukan bersama-sama. Orang tua sewajibnya memberikan kasih sayang ke anak tanpa harus pilih kasih.

Apakah Superparents lain ada yang pernah mengalami hal ini? Jika ada, yuk share di kolom komentar.

Contasia C

Content Writer Coordinator
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK