ARTICLE

Tue - Oct 16, 2018 / 525 / Parenting

Penting! Ajarkan Anak SuperParents Cara Ini Untuk Menyelamatkan Hidup Mereka

Melindungi anak dari bahaya sekitar mereka memang tugas utama orang tua. Ini bukanlah tugas yang mudah karena melibatkan komunikasi yang baik dengan anak. Untuk itu, sebelum hal buruk menimpa anak-anak Anda, yuk persiapkan mereka terlebih dulu dengan cara-cara berikut:

 

1. Temukan ibu-ibu yang berjalan bersama anaknya

Katakan kepada anak SuperParents, jika mereka kehilangan ayah atau ibu dan merasa tidak aman, carilah seorang ibu dengan membawa anak-anaknya. Karena terkadang polisi ataupun penjaga toko dan mall bukanlah penyelesaian untuk anak Anda.

Baca juga : CARA AMPUH MELATIH ANAK MENJAGA DIRI DARI BAHAYA DISEKITARNYA

2. Tabrak sopan santun

Katakan kepada anak SuperParents, jika ada seorang asing yang mencoba menculiknya, ajarkan anak untuk tidak perlu bersopan santun pada mereka. Mereka diperbolehkan memukul, berteriak, dan berbuat heboh.

 

Sumber: Fascol

3. Berlari ke arah sebaliknya

Ajarkan anak SuperParents, jika ada seseorang mengikutinya dengan mobil dari belakang, mereka harus berlari berlawanan dengan arah datangnya mobil tersebut. Hal ini akan membuat mobil kesulitan sementara karena harus memutar arah.

 

4. Buang tag nama pada barang pribadi anak

Buanglah tag nama yang ada di ransel atau tas anak, topi, tempat makan, maupun barang lainnya. Karena ketika orang asing tahu nama anak kita, anak akan lebih mudah percaya dengan mereka. Jangan permudah orang asing mengetahui nama anak kita dengan sticker nama ataupun label.

 Sumber: Labels4Kids

5. Anggota tubuh yang rahasia

Ajarkan anak SuperParents untuk menjaga bagian badan mereka yang sensitif. Jika seseorang mengatakan kepada mereka untuk menunjukkan anggota badan anak yang sensitif, ajarkan anak untuk melaporkannya kepada Anda. Ajarkan juga agar tidak ada orang lain selain orang tua, yang bisa menyentuh bagian anggota badan anak yang sensitif.

 Baca juga: APA BEDANYA HUKUMAN DAN KONSEKUENSI UNTUK ANAK?

6. Buat kata kunci / rahasia

Tentukan kata kunci atau rahasia bersama anak Anda. Ajarkan mereka untuk menggunakannya seperti pada artikel sebelumnya disini, saat mereka diperhadapkan pada situasi yang berbahaya atau tidak aman. Ketika Anda mendengar anak menggunakan kata tersebut, pergi secepatnya ketempat anak itu berada dan jemput dia.

 

Sumber: Eden Grace Maids Agency

7. Membedakan tantrum dengan terancam

Berapa kali SuperParents melihat di tempat umum atau di jalan, anak yang memberontak dan mencoba melepaskan genggaman tangan orang dewasa, tapi Anda hanya diam melihat atau melewatinya? Anak-anak memang mudah tantrum dan bisa timbul kapan saja, dimana saja. Tapi kita harus bisa membedakan, mana anak yang sedang tantrum dan mana tanda-tanda anak mengalami penculikan.

Untuk mencegah hal ini menimpa anak kita, sebaiknya ajarkan mereka untuk berteriak ‘tolong’ sambil memberontak agar orang lain tahu kalau orang dewasa yang ada memaksa itu, bukanlah orang tuanya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK