ARTICLE

Tue - Oct 16, 2018 / 804 / Parenting

Cara Ampuh Melatih Anak Menjaga Diri dari Bahaya Disekitarnya

Satu hal yang mungkin terlupakan oleh orang tua ketika melatih dan mendidik anak-anaknya adalah ‘bagaimana si anak jika diperhadapkan dengan bahaya atau masalah’ yang ia sendiri tidak mampu untuk menghadapinya. Mereka masih membutuhkan orang dewasa untuk membantu mereka keluar dari keadaan itu.

Hal ini SANGAT PENTING. Kenapa? Karena jika anak tidak terbiasa untuk berterus terang dan menyadari kalau kondisinya dalam keadaan buruk, hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi pada mereka. Misalnya yang paling buruk seperti, pemerkosaan dan penculikan. Lalu bagaimana orang tua harus berjaga-jaga dan melatih anak? Gambarannya seperti ini.

Baca juga : SINGLE PARENT BUTUH 10 CARA INI UNTUK MENGURANGI STRES DALAM MENGASUH ANAK (1)

Saat saya masih kecil, ya masih berumur sekitar 4 tahun dan sudah mulai mengerti banyak hal, ibu saya mengajarkan kepada saya dan adik saya kalau kita harus punya ‘pesan rahasia’. Jadi kalau kami tiba-tiba berada dalam masalah atau merasa kurang aman, kami bisa mengirimkan pesan kepada ibu kami tanpa diketahui oleh orang lain. Setelah mendengar pesan rahasia tersebut, ibu bisa menjemput dan membantu kami.

Kami akhirnya memilih untuk menggunakan kalimat ‘selai kacang’. Saya sendiri sudah pernah menggunakannya dua kali, saat masih kecil dan remaja. Yang pertama, saya waktu itu masih berumur 8 tahun. Saat itu saya sedang bermain dirumah teman saya, ketika ayahnya sangat mabuk dan tiba-tiba melempar barang-barang dirumahnya ke dinding.

 

Sumber: iStock

Saya ketakutan sekali. Saya ingin menelepon ibu saya, tapi tidak ingin ketahuan oleh ayahnya teman saya kalau saya meminta ibu untuk datang. Takutnya ia akan semakin marah dan melakukan hal-hal yang lebih parah lagi, jika tahu ibu saya akan datang nantinya. Karena itu, saya menggunakan kata rahasia saat menelepon ibu.

Di akhir perbincangan telepon antara saya dan ibu, saya mengatakan padanya, “Bu, jangan lupa ya nanti beli selai kacang.” Ia langsung membalasnya dengan, “Ok, ibu akan kesana sekarang.” Tidak lama kemudian, ibupun datang dan menjemput saya.

Kejadian kedua, saat saya sudah remaja dan sedang kerja kelompok dirumah teman saya. Kakaknya yang laki-laki dengan ayahnya sedang menegak minuman beralkohol. Sampai-sampai obrolan mereka sudah tidak terkontrol dan cenderung  berkata ‘jorok’. Teman saya bilang kalau hal itu normal bagi mereka dan tidak akan terjadi apa-apa. Yang jadi masalah saat itu, perempuan yang ada disana hanyalah saya.

Baca juga: CARA MUDAH MENGAJARI ANAK REMAJA ANDA MENGELOLA UANG

 

Saya merasa terganggu dan tidak nyaman dengan hal itu, karena semakin lama mereka semakin mabuk. Bergegaslah saya menelepon ibu saya untuk membelikan selai kacang. Dan tidak selang begitu lama, ibu saya datang menjemput saya.”

Memang kelihatannya seperti masalah sepele. Tapi jangan pernah meremehkan hal ini. Mungkin saja hal ini bisa menimpa anak Anda. Latihlah anak Anda menggunakan ‘pesan rahasia’ sesuai dengan pilihan anak dan Anda. Tapi jangan pernah marah, jika anak mencoba memakai pesan ini saat mereka berada dalam kondisi yang menurut Anda biasa saja. Mungkin menurut Anda biasa, tapi menurut mereka tidak.

Berikan pengertian dan teruslah latih kepekaan anak Anda terhadap kondisi berbahaya disekitarnya. Selamat mencoba ya SuperParents.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK