ARTICLE

Wed - Jul 25, 2018 / 1135 / Inspirational

Pelajari Arti Talenta Yang Sesungguhnya

Orang Kristen sering menggunakan kata ‘talenta’ untuk menggambarkan tentang bakat atau kemampuan melakukan sesuatu. Namun jaman sekarang ajang pencarian bakat membentuk pemikiran kita bahwa talenta identik dengan kemampuan yang dapat ditampilkan di atas panggung. Pemikiran seperti itu mempersempit pandangan kita mengenai kekuatan Tuhan. Talenta yang Dia beri terbatas hanya untuk talenta yang bisa dipertontonkan.

Padahal jika kita melihat lebih luas, talenta adalah kemampuan spesial yang membuat seseorang mampu melakukan sesuatu dengan sangat baik. Makanya muncullah orang-orang yang mampu memaksimalkan talentanya dalam bekerja seperti akuntan profesional atau guru yang mengajar secara profesional.

Baca juga: Ternyata PR Berdampak Buruk Lho untuk Perkembangan Anak, Tapi Kenapa Ya?

10 Tips dan Trik Mudah Membuat Dunia Anak Menjadi Lebih Bahagia dan Sukses!

Mari kita belajar tentang talenta dari perumpamaan yang Yesus ajarkan dalam Matius 25:14-30

Tuhan memberi talenta sesuai dengan kesanggupan masing-masing

Setiap orang dipercayakan talenta dalam jumlah dan bentuk yang berbeda sesuai kemampuan kita. Tapi yang paling penting bukanlah talenta awal yang ada padamu. Ada beberapa hal yang harus menjadi tujuan lanjutan dari talenta tersebut. Jangan pernah iri dengan teman yang punya kemampuan lebih banyak.

Talenta harus digandakan melalui kerja keras

“Work hard beats talent,” gandakan talentamu dengan berusaha lebih keras! Dalam penggandaan talenta, kamu tidak dituntut mengembangkan potensi yang tidak kamu miliki, sama seperti perumpamaan tentang talenta.

Jika kamu membaca lagi perumpamaan tentang talenta, penggandaan yang digambarkan adalah dua kali lipat. Untuk itu kamu perlu membuat target usaha apa saja yang kamu lakukan untuk menggandakan talentamu.

Baca juga: Pasti Ada Secercah Cahaya dari Kehidupan yang Paling Kelam Sekalipun, Seperti Kisah Michael

Anak Ibu Ini Mem-bully Temannya dan Akhirnya Ia Menerima Hukuman yang Tidak Biasa

Bersiaplah untuk tanggungjawab yang lebih besar

Jika kamu berhasil menggandakan atau mengembangkan talentamu, bersiaplah untuk tanggungjawab yang lebih besar dari Tuhan! Bisa jadi tanggungjawab tersebut berupa ruang lingkup yang lebih besar untuk mengembangkan talentamu.

Kerjakan talentamu dengan usaha terbaik yang bisa kamu lakukan. Jika kamu ingin kariermu menanjak, kerjakanlah pekerjaanmu dengan baik sekarang juga. Jika ingin uangmu banyak, kelola keuanganmu dengan hati-hati. (CG)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK