ARTICLE

Fri - Sep 28, 2018 / 1148 / Sunday School

Pelajari 5 Hal Ini Sebelum Mengajar di Kelas Balita

Perkembangan alam pikir anak pasti bertahap. Semakin bertambah usianya, semakin luas pengetahuannya. Gampang-gampang susah sih kalau kakak bertugas mengajar di usia balita yang berusia sekitar 4-5 tahun. Gampangnya, perbendaharaan kata lebih banyak sehingga tidak terlalu sulit menyampaikan kalimat (asalkan dengan gaya bahasa yang masih sederhana). Susahnya, anak usia 4-5 tahun rata-rata adalah anak-anak yang aktif berlarian.

Agar cara mengajar kita tepat dan mereka bisa meresap pelajaran Sekolah Minggu, yuk lihat uraian perkembangan alam pikir anak usia 4-5 tahun.

1. Kuat dalam menghayal

Bahaya dari kekuatan menghayal ini ialah anak sulit membedakan kenyataan yang benar dan yang hanya dikhayalkan. Untuk itu sebisa mungkin kakak membuat cerita-cerita Alkitab menjadi sajian yang baik, benar dan tepat untuk dikhayalkan sehingga anak mengerti. Sebaiknya hindari cerita-cerita seram atau menakutkan.

2. Suka meniru

Sumber: Superbook

Keburukan dari meniru ialah anak meniru segala sesuatu yang menarik perhatiannya. Anak belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Maka dari itu kakak harus menjadi teladan yang baik karena melalui meniru anak membentuk karakternya.

3. Sudah mulai mengerti arti waktu

Selain pengertian minggu dan bulan, anak 4-5 tahun mulai mengerti musim-musim. Tapi mereka belum mengerti secara luas tentang“masa lampau” atau “masa depan”. Kalau bercerita, kakak cukup menyebut “dulu” tanpa menyebut abad dan tahunnya.

4. Bisa menghitung dan mengerti angka

Sumber: Superbook

Anak 4-5 tahun sudah dapat menghitung sampai angka 30. Mereka juga dapat mencocokkan angka dengan benda yang sesuai. Kabar baiknya, mereka senang mempelajari lagu yang menyebutkan angka dan permainan yang menggunakan jari-jari dalam hal menghitung. Kesempatan menyenangkan nih kak untuk menarik perhatian mereka agar mereka senang berada di kelas Sekolah Minggu.

5. Perbendaharaan kata semakin luas

Di usia 4-5 tahun, anak yang banyak bergaul dengan kakak dan orang dewasa pasti memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak. Anak tersebut juga pasti lancar menggunakan kata yang tepat untuk membentuk kalimat.

Umumnya anak 4-5 tahun mengenal dan memakai kurang lebih 1500-2000 kata. Mereka sangat suka berbicara dan mendengarkan cerita.

Baca juga: SEBELUM MEMUTUSKAN MENGAJAR KELAS BATITA, PELAJARI PERKEMBANGAN ALAM PIKIR MEREKA

TIPS MUDAH MENGAJARKAN FIRMAN TUHAN KE BALITA

Jika kita mengetahui perkembangan alam pikir anak-anak di kelas kita, pasti makin semangat mengajar kan, kak? Dengan cara mengajar yang tepat, anak pasti gampang mengerti cerita Sekolah Minggu yang kakak ajarkan.

Sumber: Bella the teologias

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK