ARTICLE

Wed - Feb 10, 2021 / 898 / Inspirational

Orang Kristen Boleh Tidak Memegang Hio dan Merayakan Imlek?

Beberapa hari terakhir, sempat viral pernyataan dari salah satu pemimpin agama Kristen yang mengatakan bahwa orang Kristen boleh pegang hio. Ehm… Mimin langsung penasaran apakah beneran boleh ya? Mengingat sebentar lagi sebagian kita akan merayakan tahun baru Imlek. Imlek sudah menjadi tradisi bagi kaum Tionghoa secara turun menurun.

Namun tradisi di tahun baru Imlek sendiri, terkadang juga menjadi polemik di kalangan Tionghoa yang sudah percaya Kristus.Salah satunya moment di saat keluarga harus memegang hio. Nah memang ada perbedaan pandangan di antara orang Kristen sendiri pada budaya yang ada di sekitarnya.

Baca juga : 9 AYAT ALKITAB YANG BISA MENGAJARKAN ANAK TENTANG KASIH UNTUK MERAYAKAN VALENTINE

Ada yang bilang boleh lah pegang hio, yang penting masih percaya kepada Tuhan Yesus. Tapi ada juga yang bilang tidak boleh karena kita sudah percaya Tuhan, dan memegang hio berarti melakukan sebahyang atau penyembahan.

Perlu kita ketahui juga seperti kata Tuhan Yesus di Matius 15: 3, saat Ia memberi jawab kepada orang-orang Farisi dan ahli Taurat bahwa, “Mengapa kamu pun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?'” Yesus dengan sangat tegas mengecam orang Yahudi yang sangat memelihara adat istiadat nenek moyang tetapi melanggar firman Tuhan.

Jadi sebenarnya berkaca pada ayat ini, kita sebagai orang percaya jangan menjadikan Firman Allah tidak berlaku karena adat istiadat. Jangan sampai adat istiadat mengganti hukum Allah yang sudah ditetapkan, dalam kata lain lebih mementingkan adat istiadat yang dibuat oleh manusia. Jikalau di dalam adat istiadat ada hal-hal yang bisa mendorong orang untuk berbuat dosa, janganlah lakukan itu.

Firman Tuhan yang lebih menjelaskan lagi ada di 1 Korintus 8. Kita pastinya sepakat donk, Allah adalah satu-satunya Tuhan yang hidup dan patut kita sembah. Selain daripada itu, yang kita sembah bisa dibilang sebagai berhala. Jika memang keluarga mengharuskan kita untuk hadir di acara tersebut, ya hadir saja.

Namun untuk memegang hio dan melakukan gerakan penyembahan atau menyembahyangi, tentunya jadi berbeda kasus lagi. “Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandunganbagi mereka yang lemah.” 1 Korintus 8: 9. Dalam ayat ini, Rasul Paulus menjawab pertanyaan jemaat di Korintus tentang daging persembahan untuk berhala.

Baca juga : 8 AYAT ALKITAB YANG MENGUATKAN KITA SAAT SEDIH

Dalam hal ini, Rasul Paulus meminta jemaat di Korintus untuk bisa menyangkal dirinya agar tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain yang imannya lebih lemah. Memang setiap kita diberikan kebebasan untuk memilih, tapi kita harus juga memperhatikan orang-orang di sekitar kita. Apakah mereka justru akan bertanya-tanya dengan iman kita, atau menganggap kita hanya ikut-ikutan tradisi.

Kalau memang menimbulkan pergunjingan dan pergolakan di hati kamu maupun orang lain, lebih baik tidak melakukannya. Daripada perbuatan kita justru bisa menyesatkan orang lain (jadi batu sandungan).

Kita boleh merayakan Imlek sebagai tahun baru yang sudah Tuhan berikan untuk membawa pengharapan baru kepada kita. Tetaplah mengucap syukur kepada Allah atas kemurahan dan pemeliharaan-Nya selama ini dan tahun berikutnya. Melalui hari raya ini, kita juga bisa menggunakannya sebagai sarana silahturahmi kepada sanak saudara sambil berbagi sukacita Injil kepada mereka.

Artikel lainnya : 

5 AJARAN UNTUK BEKAL ANAK MENJAGA IMAN DI TENGAH PERGAULAN NON-KRISTEN

PENTINGNYA PENGENALAN DAN BAGAIMANA MENGHADAPI BENCANA UNTUK ANAK!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK