ARTICLE

Thu - Aug 11, 2022 / 771 / Sunday School

Metode Kreatif yang Membuat Anak Sekolah Minggu Mudah Mengerti Firman Tuhan

Terkadang kita bingung bagaimana menyajikan materi firman Tuhan, tapi juga bisa dimengerti dengan baik oleh anak. Apalagi untuk memastikan anak mengerti, kita memerlukan metode yang membuat anak berani mengomunikasikan apa yang telah mereka dapatkan. Nah biasanya guru sekolah minggu akan menggunakan metode kreatif, salah satunya dengan menyisipkan permainan atau kegiatan saling berdiskusi.

Kali ini Superbook mau membantu kakak guru sekolah minggu dengan memberikan metode mengajar kreatif yang bisa kakak coba di sekolah minggu. Yuk baca sampai habis.

Baca juga : 8 CIRI GURU SEKOLAH MINGGU TELADAN! APAKAH KAKAK SALAH SATUNYA?

Think - Pair – Share

Setelah guru sekolah minggu mengajarkan firman Tuhan, kakak bisa memberikan pertanyaan terbuka untuk menanyakan apa yang merekka pelajari dari materi atau kisah Alkitab tadi. Berikan waktu kepada anak untuk berpikir, lalu ajak mereka membagikan jawabannya kepada salah seorang temannya secara berpasang-pasangan. Setelah itu, ajak anak untuk saling berdiskusi.

Scavenger Hunt

Guru memberikan serangkaian pertanyaan terkait dengan pelajaran hari itu. Anak mencari jawabannya di sekitar sekolah minggu, misalnya dengan sebuah amplop dengan tulisan jawaban tersebut. Guru sekolah minggu perlu memberikan batasan, sampai sejauh mana anak bisa mencari jawaban tersebut.

Baca juga : APAKAH HEWAN ATAU BINATANG BISA MASUK SURGA? INI KATA ALKITAB

Group Work

Guru menyediakan worksheet yang harus diisi secara berkelompok. Bagi anak-anak menjadi beberapa kelompok. Dalam kelompok ini, anak bisa berbagi tugas untuk menjawab pertanyaan. Usahakan semua anak terlibat dalam menjawab pertanyaan yang ada dalam worksheet tersebut.

Kakak guru sekolah minggu sudah pernah memakai metode yang mana nih? Kalau sudah pernah, kakak bisa lho berbagi pengalaman dan tipsnya di kolom komentar di bawah ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK