ARTICLE

Wed - Aug 03, 2022 / 607 / Sunday School

Apakah Hewan atau Binatang Bisa Masuk Surga? Ini Kata Alkitab

Pernahkah saat sekolah minggu ada anak yang bertanya, apakah hewan atau binatang juga bisa masuk surga? Lalu apa jawab kakak? Apalagi saat hewan kesayangan anak mati. Lalu apa sih kata Alkitab, apakah hewan bisa masuk surga atau tidak? Ikuti pembahasannya sampai habis ya.

Pahami terlebih dulu, siapa yang akan masuk ke surga

Alkitab memang menyebutkan hewan atau binatang berkali-kali. Ada yang secara harafiah, tapi juga ada yang merupakan ungkapan atau simbolisme.

Alkitab hanya sekali menyebutkan seekor binatang yang diperlakukan sebagai hewan peliharaan. Dalam 2 Samuel 12, nabi Natan menceritakan sebuah kisah tentang seorang lelaki miskin yang merawat anak dombanya yang tunggal, seperti anak perempuan baginya. Tapi ini juga merupakan perumpamaan untuk mengungkapkan dosa kepada Raja Daud, bukan binatang yang sebenarnya.

Yesus dengan jelas mengatakannya dalam Yohanes 14:6 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Siapapun yang percaya kepada Yesus akan memiliki hidup yang kekal atau dalam arti kata ke surga (Yohanes 3:16). Dan siapapun yang dalam hati dan mulutnya mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, maka dia akan memperoleh keselamatan (Roma 10:9).

Tapi bisakah hewan atau binatang membuat keputusan ini? Dan apakah hewan mempunyai jiwa dan bisa mengakui Yesus sebagai Juruselamatnya?

Baca juga : CARA BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK SEKOLAH MINGGU SESUAI UMUR

Apakah hewan atau binatang punya jiwa?

Sebagai manusia, kita terdiri dari: tubuh, pikiran, dan jiwa. Ketika Tuhan menciptakan hewan pada hari kelima dan keenam penciptaan, Dia mengucapkan mereka menjadi ada dan menyebut mereka baik. Hewan dibentuk oleh firman Tuhan dan mampu hidup dan beroperasi dalam kapasitas penuh mereka.

Tetapi ada perbedaan yang sangat mencolok antara manusia dan hewan! Adam setelah Tuhan bentuk dari debu dan tanah, Allah menghembuskan nafas kepada dirinya, sehingga dia menjadi hidup. Sedangkan hewan tidak demikian.

Lalu apa kata Alkitab tentang hewan dan manusia, apakah hewan juga bisa masuk surga?

Alkitab memang memiliki jawaban konkrit mengenai hal itu. Tapi Alkitab bisa menjelaskan ini kepada kita:

1. Allah menciptakan hewan atau binatang dengan tujuan.

Hewan sama seperti manusia, diciptakan Allah dengan tujuan. Semua ciptaan-Nya diberikan kepada kita untuk dipelihara dan mengungkapkan karakter Tuhan.

Baca juga : LUCUNYA FOTO ANAK-ANAK INI KETIKA BERMAIN DENGAN HEWAN PELIHARAANNYA

2. Allah memelihara hewan ciptaan-Nya

Alkitab tidak hanya menjelaskan bahwa Tuhan menciptakan hewan, tapi juga menceritakan tentang kasih-Nya. Nyawa hewan berada di bawah pengawasan Tuhan. Yesus menyatakan bahwa tidak ada binatang yang “jatuh dari kehendak Bapa” ( Matius 10:29 ). Tuhan menyediakan dan memelihara setiap makhluk hidup di bumi.

3. Tuhan juga peduli kepada anak.

Tuhan mengetahui setiap helai rambut di kepala Anda ( Lukas 12:7 ) dan mengumpulkan setiap air mata yang Anda tangisi ( Mazmur 56:8 ). Dia tahu jika anak terluka atau berduka karena kehilangan hewan atau binatang peliharaan mereka yang berharga. Tetaplah ajak anak untuk bersandar pada Tuhan dan menyadari bahwa Tuhan punya rencana yang baik untuknya.

Hewan akan menjadi bagian dari ciptaan baru. Penebusan Kristus dinyatakan dalam penciptaan kembali semua tatanan, termasuk hewan juga. Demikian juga, kerajaan Allah juga akan melibatkan penciptaan kembali pohon, bunga, batu, dan semak berduri. Semua dibuat ulang.

Apakah ini berarti hewan peliharaan akan datang menghampiri anak ketika ia tiba di surga? Sayangnya, Kitab Suci tidak menjawab pertanyaan ini. Ini karena pertanyaan ini tidak akan pernah terlintas di benak penulis Alkitab. Pada akhirnya, kita hanya dapat menegaskan bahwa hewan 'menurut jenisnya' dibuat kembali saat masa ciptaan baru.

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK