ARTICLE

Wed - Jun 26, 2024 / 82 / Daily Devotional

Menghadapi Kegagalan dengan Kepercayaan Diri

Kegagalan adalah bagian dari hidup yang tidak bisa dihindari, dan bagaimana kita meresponsnya sangat penting, terutama bagi anak-anak. Sebagai orang tua, SuperParents memiliki peran besar untuk membantu anak-anak memahami bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tetapi sebuah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Super Ayat

'Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali...' (Amsal 24:16)

Ayat ini mengajarkan kita bahwa meskipun kita jatuh berulang kali, kita memiliki kekuatan untuk bangkit kembali. Kegigihan dan kepercayaan diri dalam menghadapi kegagalan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan yang sejati.

BACA JUGAAtasi Minder: Melihat Diri Seperti Bagaimana Tuhan Melihat

Setiap orang rasanya pernah mengalami sebuah kegagalan, dan ini berlaku juga untuk anak-anak kita. Untuk itu penting bagi SuperParents mengajarkan mereka bahwa kegagalan adalah bagian alami dari proses belajar. Misalnya, ketika mereka gagal dalam ujian, itu bukan tanda bahwa mereka tidak pintar, tetapi mungkin mereka perlu mencari cara belajar yang lebih efektif atau memahami materi lebih dalam.

Bayangkan misalnya seorang anak yang sangat bersemangat mengikuti lomba lari di sekolah, tetapi akhirnya tidak memenangkan medali. Anak tersebut mungkin merasa kecewa dan minder. Sebagai orang tua, SuperParents bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan bahwa kekalahan dalam lomba bukan berarti mereka tidak berharga. Kita bisa membantu mereka melihat bahwa partisipasi dan usaha yang mereka lakukan adalah hal yang sangat berharga.

SuperParents bisa bantu anak-anak untuk merenungkan apa yang bisa mereka pelajari dari kegagalan tersebut. Apakah ada hal yang bisa mereka lakukan dengan cara yang berbeda? Apakah ada keterampilan baru yang bisa mereka kembangkan? Kemudian pastikan anak-anak merasa didukung dan dicintai, terlepas dari hasil yang mereka capai. Dukungan emosional sangat penting untuk membangun kepercayaan diri mereka kembali.

BACA JUGAMengatasi Rasa Takut dengan Kepercayaan Diri

SuperParents juga bisa gunakan Super Ayat tadi dari Amsal 24:16 untuk mengingatkan mereka bahwa orang benar akan bangkit kembali setelah jatuh. Ini adalah ajaran yang kuat tentang ketekunan dan kepercayaan diri. Setelah merenungkan kegagalan mereka, bantu anak-anak untuk menetapkan tujuan baru dan rencana tindakan untuk mencapainya. Ini bisa membantu mereka merasa lebih fokus dan termotivasi.

Dengan merenungkan dan melakukan ini, anak-anak dapat belajar bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Mereka akan memahami bahwa setiap kali mereka jatuh, mereka memiliki kekuatan untuk bangkit kembali dengan lebih kuat dan lebih percaya diri.

Apakah saat ini SuperParents sedang menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin menghadapi masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK