ARTICLE

Mon - Jul 08, 2024 / 58 / Daily Devotional

Mengenal Kecanduan dalam Kehidupan Modern

Di era modern ini, banyak hal dapat menjadi candu. Mulai dari teknologi, makanan, pekerjaan, hingga hiburan. Kecanduan bukan hanya tentang zat seperti narkoba atau alkohol, tetapi juga bisa berupa perilaku dan aktivitas sehari-hari yang berlebihan. Kehidupan yang serba cepat dan tekanan sosial membuat kita rentan terhadap berbagai bentuk kecanduan.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sudah terperangkap dalam jerat kecanduan. Ketergantungan pada gadget, media sosial, makanan, atau bahkan pekerjaan bisa mengganggu keseimbangan hidup kita dan merusak hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Kecanduan ini juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, serta mengurangi kualitas hidup kita.

Super Ayat

1 Korintus 6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

Ayat ini mengingatkan kita untuk selalu mempertimbangkan dampak dari kebiasaan kita dan menjaga diri dari perilaku yang bisa menjadi candu.

Kecanduan dapat didefinisikan sebagai ketergantungan fisik atau psikologis pada suatu zat atau aktivitas. Ketergantungan ini menyebabkan seseorang merasa sulit untuk mengontrol atau menghentikan penggunaan atau aktivitas tersebut meskipun ada konsekuensi negatif.

BACA JUGAMenjauhkan Diri dari Berhala Modern

Misalnya saja jika anak SuperParents kecanduan gadget, mungkin ia akan menghabiskan berjam-jam setiap hari untuk bermain game atau menonton video. Hal ini bisa menyebabkan penurunan prestasi akademik, kurangnya interaksi sosial, dan masalah kesehatan seperti obesitas atau gangguan tidur.

Superparents harus menunjukkan teladan yang baik dengan mengurangi waktu penggunaan gadget itu sendiri dan coba perbanyak Waktu untuk berinteraksi dengan anak, sediakan Waktu berkualitas antara SuperParents dan anak-anak dan lakukan hal yang menyenangkan bersama, agar perhatian mereka bisa teralihkan dari penggunaan gadget yang berlebihan.

Kecanduan dalam berbagai bentuknya dapat merusak kehidupan kita jika tidak dikendalikan. Penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda kecanduan dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Dengan berpegang pada prinsip yang diajarkan dalam 1 Korintus 6:12, kita dapat menjaga diri dari diperhamba oleh hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebagai orang tua, SuperParents memiliki tanggung jawab untuk membantu anak-anak memahami bahaya kecanduan dan mengarahkan mereka pada kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat.

Apakah saat ini SuperParents sedang mengalami kecanduan akan suatu hal, menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin menghadapi masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN lho, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK