ARTICLE

Sun - Jul 07, 2024 / 64 / Daily Devotional

Menjauhkan Diri dari Berhala Modern

Di era digital ini, banyak dari kita, termasuk anak-anak, menjadi kecanduan pada berbagai hal seperti gadget, game, media sosial, atau bahkan pekerjaan. Tanpa kita sadari, kecanduan ini dapat menjadi berhala modern yang menggeser posisi Tuhan dalam hidup kita.

Kecanduan pada hal-hal duniawi ini tidak hanya merusak kesehatan fisik dan mental, tetapi juga hubungan kita dengan Tuhan dan orang-orang terdekat. Ketika kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang membuat kita kecanduan, kita seringkali mengabaikan tanggung jawab dan kehadiran Tuhan dalam hidup kita.

Super Ayat

1 Yohanes 5:21 - 'Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.'

Berhala tidak selalu berbentuk patung atau dewa-dewa. Di zaman modern ini, berhala bisa berbentuk apa saja yang kita beri prioritas lebih tinggi daripada Tuhan. Gadget, game, media sosial, bahkan pekerjaan bisa menjadi berhala jika kita membiarkan diri kita terlalu terikat dan tergantung pada hal-hal tersebut.

Bayangkan jika anak kita selalu bermain game sepanjang hari. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar, beribadah, atau bersama keluarga menjadi hilang. Anak ini mungkin akan mengalami penurunan prestasi di sekolah, masalah kesehatan, dan bahkan kesulitan dalam hubungan sosial. Dalam jangka panjang, ia bisa kehilangan arah hidup dan tujuan yang sebenarnya.

BACA JUGADoa Menguatkan Iman Kita

Sebagai orang tua, SuperParents memiliki tanggung jawab besar untuk membantu anak-anak mengatasi kecanduan ini. Berikut beberapa langkah yang bisa kita ambil:

1. Tetapkan Batas Waktu: Batasi waktu anak bermain game atau menggunakan gadget. Buat jadwal yang seimbang antara waktu bermain, belajar, dan beristirahat.

2. Berikan Contoh yang Baik: Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana menggunakan waktu dengan bijak. Hindari terlalu sering menggunakan gadget di depan mereka.

3. Ajak Beraktivitas Positif: Libatkan anak dalam kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga, membaca, atau kegiatan keluarga. Ini akan membantu mereka menemukan kesenangan di luar dunia digital.

4. Bimbingan Rohani: Ajak anak untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan melalui doa, membaca Alkitab, dan mengikuti kegiatan rohani. Ingatkan mereka bahwa Tuhan harus menjadi prioritas utama dalam hidup kita.

Kecanduan pada hal-hal duniawi dapat menjadi berhala modern yang menggeser posisi Tuhan dalam hidup kita. Sebagai orang tua, SuperParents memiliki tanggung jawab untuk membantu anak-anak mengatasi kecanduan ini dan mengarahkan mereka kembali kepada Tuhan. Dengan menetapkan batas waktu, memberikan contoh yang baik, mengajak beraktivitas positif, dan memberikan bimbingan rohani, kita dapat membantu anak-anak menemukan kebahagiaan sejati dalam Tuhan, bukan dalam hal-hal yang sementara.

Apakah saat ini SuperParents sedang mengalami kecanduan akan suatu hal, menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin menghadapi masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN lho, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S, Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK