ARTICLE

Fri - Aug 16, 2019 / 501 / Sunday School

Mengenal Anak Sekolah MInggu Ku: (Part 1) Si Pemimpin Muda yang Tidak Sabar

Melayani sekolah Minggu gabisa lepas dengan persiapan, seperti siapin konsep ibadah, para pelayan dan materi pembahasan. Tapi, selain itu, ada persiapan yang gak kalah penting, yaitu mengenal kepribadian anak-anak sekolah Minggu. Kadang, ini suka dilupakan, apalagi jika anak sekolah Minggunya sudah ratusan. Tapi, tahukah kakak, si anak bisa merasa sangat nyaman di sekolah Minggu ketika kita melayani mereka dengan tepat.

Umumnya, kepribadian dibagi menjadi empat kategori, yaitu Koleris, Sanguin, Plegmatis, dan Melankolis. Wah, apa saja sih itu? Kita bahas satu-satu yuk, mulai dari koleris. Apa aja sih ciri-ciri koleris?

Baca juga: CARA AMPUH MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DI SEKOLAH!

  1. Berjiwa Pemimpin

Jika ada anak sekolah Minggu yang senang bersaing, menjadi ketua ketika ada permainan tim, dan sangat aktif, ia pasti koleris. Koleris adalah pribadi yang aktif, senang mengatur dan mandiri, lho. Selain itu, koleris juga tidak suka kegagalan. Karena itu, ia akan sangat bertanggungjawab ketika menjadi pemimpin.

  1. Cepat Mengambil Keputusan

Salah satu kelebihan anak koleris adalah ia cepat mengambil keputusan. Anak ini bisa berpikir sangat cepat dan tidak takut mengambil resiko, lho. Karena, bagi mereka, waktu sangat berharga. Jadi, mereka tidak ingin membuang waktu. Karena itu, ia sangat tidak suka dengan orang yang bergerak lambat.

 

  1. Berorientasi pada hasil

Karena koleris bergerak secara cepat, maka ia sangat berfokus kepada hasil. Tapi, itu bukan berarti ia asal-asalan lho. Hanya saja, ia sangat tertarik dengan penghargaan dari hasil kerjanya. Jika di sekolah Minggu, ia adalah tipikal anak yang akan berjuang untuk menjadi juara permainan karena ia tertarik dengan hadiahnya.

Setelah sudah tau ciri-cirinya, yuk kita cari tahu gimana sih cara yang tepat melayani anak koleris.

 

Cara melayani anak koleris:

  1. Berikan ia kesempatan memimpin

Anak koleris senang ambil bagian memimpin. Jadi, kakak harus memberikan kesempatan lebih kepada mereka untuk memimpin. Karena, jika tidak, ia bisa merasa sebagai orang yang membuang-buang waktu, dan ia akan menjadi ogah-ogahan dan kesal dengan keadaan. Tapi, ketika kakak berikan kesempatan memimpin, kaka juga harus ingat untuk memantau dia ya.

  1. Pantau caranya berkomunikasi dengan yang lain

Nah, ini salah satu cara memantau anak koleris. Salah satu kekurangan koleris adalah tidak sabar dan cepat marah ketika melihat orang lain tidak bisa mengikutinya. Bahayanya, ia bisa saja mengeluarkan kata-kata yang kasar, lho. Nah, tugas kakak adalah memantau komunikasi mereka. Jangan sampai mereka menggunakan bahasa yang kasar dan membuat orang lain sakit hati ya, kak.

  1. Tegur hanya berdua ketika ia salah

Ketika kita menemukan anak korelis melakukan kesalahan, kakak jangan tegur ia di depan umum. Karena, ia adalah pribadi yang tidak suka dipermalukan di depan umum, lho. Kakak bisa memanggil ia berdua, sembari memberikan hadiah kepadanya, dan beritahu ia secara empat mata, kak. Dan, ketika memberitahu, jangan terlalu mengatur ya ka, karena ia tidak suka diatur. Cukup ingatkan saja apa kesalahannya dan beritahu bahwa itu salah. Ia akan berpikir sendirinya hal benar apa yang harus ia lakukan.

Baca juga: 4 CARA MUDAH DAN KREATIF BIKIN IBADAH SEKOLAH MINGGU MENGASYIKKAN

Jadi, itu adalah ciri-ciri anak koleris dan cara kita untuk melayani mereka. Kira-kira, kepribadian yang lain seperti apa ya? Setiap hari Jumat, kita bahas bersama lagi ya kak. Jadi, sampai jumpa di hari Jumat selanjutnya.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK