ARTICLE

Wed - Jul 29, 2020 / 396 / Inspirational

Mengapa Gereja Membutuhkan Generasi Anak?

Tidak sedikit orang yang masih berpikir, bisa apa sih anak-anak untuk gereja. Bahkan ada saja yang tidak mendukung anaknya untuk belajar firman Tuhan entah di sekolah minggu ataupun gereja. Alasannya anaknya tidak mau, bangun kesiangan, dan lainnya. Tapi ingatkah bahwa Tuhan sendiri yang meminta kita agar membiarkan anak-anak datang kepada-Nya?

Tetapi Yesus memanggil mereka dan berkata: 'Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.” (Lukas 18: 16)

Justru kitalah sebagai orang tua atau guru sekolah minggu, harus membawa anak-anak ini agar mau rajin mengenal Tuhan dan mempraktikkan kasih-Nya. Saat anak sudah mengenal dan mencintai Tuhan, maka generasi dalam gereja tersebut akan terus bertumbuh. Tidak hanya itu saja, ada beberapa alasan kenapa gereja membutuhkan generasi anak:

Baca juga : HARUS MENJADI JUARA DI SETIAP PERLOMBAAN, TAPI KINI PEMAHAMANNYA BERUB

  1. Masa depan ada di tangan anak

Anak nantinya akan bertumbuh sebagai warisan gereja di masa yang akan datang. Mereka bisa mendidik kembali anak-anaknya setelah dewasa nanti, untuk tetap memegang imannya di dalam Tuhan sama seperti dirinya.

 

  1. Hanya anak yang  masih mau belajar

Dengan berbagai ilmu yang ia serap melalui sekolah minggu maupun gerejanya, anak bisa mencintai persekutuan yang telah terjalin. Anak tertanam dan belajar untuk mengembangkan pelayanan yang ada di gerejanya demi kemuliaan nama Tuhan.

 

  1. Orang yang lebih tua sudah nyaman dengan yang ada

Tapi anak-anak akan mencari cara terbaik untuk terus menghadirkan kreativitas dan bentuk yang relevan, agar firman Tuhan bisa tetap dinikmati oleh setiap kalangan. Karena lagi-lagi, mereka masih mau belajar.

 

  1. Orang yang lebih tua sudah lebih sibuk mengurus keluarganya atau pelayanan dewasa

Menciptakan perubahan yang lebih baik di dalam gereja tidak perlu ada penundaan. Asalkan perubahan itu masih berlandaskan Firman Tuhan dan tidak merusak norma atau aturan, tidak ada alasan bagi gereja untuk tidak mendengar maupun melibatkan anak-anak dalam pelayanan.

 Baca juga : PAULA, SEORANG ANAK YANG MENGALAMI MUKJIZAT KESEMBUHAN KARENA DOANYA

  1. Anak mempunyai selera untuk angkatannya

Ketika anak mulai bertumbuh dewasa dan gereja mulai regenerasi, merekalah yang punya selera maupun kreativitas bagi generasinya. Pemikiran orang tua terkadang  tidak cocok dengan generasi mereka lagi yang nantinya akan meneruskan gereja.

 

  1. Anak-anak tahu perkembangan dunia digital

Tidak bisa dipungkiri, karena adanya pandemi Covid-19 ini, gereja kelabakan melakukan pelayanan secara digital. Ujung-ujungnya mereka mulai melibatkan anak muda untuk membantu agar pelayanan tetap terus berjalan dengan media internet yang tidak terbatas ruang serta waktu.

 

  1. Anak lebih menghargai perbedaan

Dalam pemahaman mereka, berbeda itu biasa. Tapi jika ada anak yang masih membeda-bedakan itu berarti ada salah didikan dari orang tua ataupun lingkungannya. Anak-anaklah yang nantinya bisa merangkul perbedaan itu, mampu mendorong gereja untuk memperluaskan kasih Tuhan agar bisa diterima oleh semua orang diluar suku, ras, maupun golongan.

 

  1. Zaman selalu bergerak

Generasi anak adalah roda gereja untuk menggerakkannya sesuai zaman. Nantinya anak akan meneruskan pelayanan yang sudah berlangsung, dan mereka sendiri yang sudah tertanam di gereja lokalnya. Masa depan gereja lokal ada di tangan generasi anak yang saat ini masih belajar mendalami firman Tuhan dan mengenal Tuhan.

Inilah 8 hal penting yang harus gereja sadari bahwa mereka membutuhkan generasi anak. Semoga poin-poin penting ini dapat menjadi gambaran agar pelayanan anak semakin diperkuat dan difasilitasi sesuai masanya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK