ARTICLE

Thu - Nov 11, 2021 / 3387 / Sunday School

Kegiatan Sekolah Minggu yang Bisa Guru Sisipkan Di Liturgi Kreatif Natal

Terlalu lama ibadah online, kadang membuat kita jadi bingung ya, mau pakai cara apalagi nih supaya anak-anak tetap bisa ‘engage’ dengan sekolah minggu baik online maupun offline. Nah daripada bingung, Momin ada masukan nih buat para kakak guru sekolah minggu, tentang bagaimana cara membuat liturgi menjadi kreatif.

Sekolah Minggu Online + Tatap Muka

Kakak bisa menambahkan beberapa unsur kreatifitas dalam ibadah lho. Mungkin awalnya agak repot sedikit, tapi hasilnya bisa maksimal.

Baca juga : TIPS AGAR ANAK TIDAK MUDAH BOSAN SAAT SEKOLAH MINGGU ONLINE DAN TATAP MUKA

  1. Membaca Alkitab/ teks puisi/ teks drama bergantian

Kakak bisa meminta anak secara bergantian membaca ayat Alkitab. Hal ini bisa membuat anak-anak tetap konsentrasi di sekolah mingu. Selain itu, kita bisa membuat liturgi semakin kreatif dengan menambahkan puisi atau drama. Kakak bisa membuat naskahnya terlebih dulu, lalu melakukan latihan dan persiapan bersama anak sebelum acara dimulai (untuk anak yang lebih kecil, bisa bersama dengan orang tuanya juga).

 

  1. Anak boleh memimpin pujian dan berdoa bergantian

Kakak bisa membuat anak ikut aktif dalam sekolah minggu dengan melibatkan mereka dalam pelayanan. Lewat memimpin pujian dan berdoa, anak akan terbiasa untuk melayani orang lain dan mengasah talenta yang mereka miliki.

 

  1. Anak yang bercerita Firman Tuhan lewat kreativitasnya sendiri

Nggak ada salahnya lho, sekarang kita tantang anak untuk menceritakan firman Tuhan kepada teman-temannya. Selain bisa mengasah keberanian, percaya diri, dan tanggung jawab, anak-anak lainnya juga bisa terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

 Baca juga : 3 INOVASI MENGAJAR GURU SEKOLAH MINGGU ZAMAN NOW

  1. Mengisi pujian atau unjuk talenta

Ibadah akan semakin seru ketika kita memberikan kesempatan untuk anak menampilkan talenta yang mereka miliki dalam bentuk video. Anak boleh dengan bebas menyanyi, menari, bawakan puisi, dll.

 

  1. Gabungkan Online dengan offline (tatap muka)

Supaya anak tidak bosan karena harus ibadah di rumah saja, kakak bisa mengreasikannya dengan tetap mengadakan hal yang bersifat tatap muka tapi aman. Salah satu contohnya lewat photobooth, pembagian souvenir Natal di gereja, pameran booth karya anak, dll. Tentunya semua kegiatan ini bisa dilakukan secara drive thru atau jaga jarak ya.

 

Nah itulah 5 kegiatan yang bisa dimasukkan dalam liturgi Natal kreatif kakak. Semoga membantu ya kak. Jika kakak ingin sekolah minggu kakak menggunakan cara kreatif dalam penyampaian firman Tuhannya, kakak bisa mendapatkannya dengan cara bergabung di sekolah minggu Superbook. Klik di bawah ini ya kak.

SAYA MAU!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK