ARTICLE

Thu - Jun 20, 2024 / 126 / Daily Devotional

Menanti dengan Sabar

Shalom SuperParents!

Dalam hidup ini, menunggu adalah bagian yang tak terhindarkan. Kita sering kali harus menunggu jawaban doa, menunggu kesempatan yang tepat, atau menunggu perubahan yang diinginkan. Proses menunggu ini bisa menjadi ujian kesabaran dan kepercayaan kita kepada Tuhan. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menunggu dengan penuh kesabaran ya? Mari kita renungkan bersama.

Super Ayat

Mazmur 37:7 (TB): 'Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya.'

Ayat ini mengajarkan kita untuk berdiam diri di hadapan Tuhan dan menantikan Dia dengan sabar. Memang tidak mudah untuk menunggu, apalagi ketika kita melihat orang lain berhasil dengan cara yang curang atau tidak jujur. Namun, Tuhan memanggil kita untuk tetap tenang dan tidak membiarkan diri kita terjebak dalam amarah atau kecemburuan.

BACA JUGABanyak Manfaatnya Jika Kita Hidup Sabar

Menunggu dengan sabar berarti percaya bahwa Tuhan memiliki rencana yang terbaik untuk kita. Waktu Tuhan bukanlah waktu kita, dan sering kali kita tidak mengerti mengapa kita harus menunggu. Namun, dalam proses menunggu inilah kita belajar untuk berserah penuh kepada-Nya.

Super Ayat tadi mengatakan kita perlu berdiam diri. Berdiam diri ini berarti mengambil waktu untuk benar-benar mencari Tuhan dalam doa dan penyembahan. Ini adalah waktu di mana kita mengarahkan hati dan pikiran kita kepada-Nya, mengizinkan Tuhan untuk bekerja dalam hidup kita tanpa gangguan.

Kita harus percaya bahwa Dia akan bertindak tepat pada waktu-Nya. Tuhan tahu apa yang terbaik untuk kita, dan Dia tidak pernah terlambat. Keyakinan ini membantu kita untuk tetap tenang dan berserah pada proses yang sedang berlangsung.

BACA JUGABelajar Menjadi Sabar dari Teladan Tuhan Yesus

Melihat orang lain berhasil dengan cara yang tidak jujur bisa membuat kita merasa tidak adil. Namun, Tuhan mengingatkan kita untuk tidak marah atau cemburu. Keberhasilan sejati adalah ketika kita berjalan dalam kebenaran dan integritas, mengikuti jalan Tuhan.

Teruslah berdoa dan serahkan segala sesuatu kepada Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan melihat usaha dan integritas kita. Jangan biarkan diri kita terjebak dalam rasa marah atau cemburu. Fokuslah pada apa yang kita lakukan dan terus berusaha dengan jujur.

Anak-anak juga gak lekang dari kegiatan menunggu, mungkin hal sederhana dalam penantian mereka adalah menantikan hari ulang tahun. Menjelang hari ulang tahun mungkin beberapa anak-anak akan merasa sangat antusias dan tidak sabar menunggu hari spesial tersebut.

Namun untuk menerapkan kesabaran pada anak, SuperParents dapat mengajak anak untuk menikmati setiap hari menjelang ulang tahun mereka dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Bantu mereka memahami bahwa menunggu dengan sabar akan membuat hari ulang tahun mereka terasa lebih istimewa.

BACA JUGA: Ini Alasan Kenapa Kita Perlu BersabarIni Alasan Kenapa Kita Perlu Bersabar

SuperParents, menunggu dengan sabar adalah salah satu bentuk iman yang nyata. Ketika kita mampu berdiam diri dan menantikan Tuhan, kita menunjukkan bahwa kita percaya kepada-Nya dan rencana-Nya. Mari kita ajarkan anak-anak kita untuk menunggu dengan sabar dan percaya pada waktu Tuhan, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang penuh iman dan ketenangan.

 

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK