ARTICLE

Wed - Jun 19, 2024 / 86 / Daily Devotional

Banyak Manfaatnya Jika Kita Hidup Sabar

Shalom SuperParents, selain sifat yang disenangi Tuhan. Sabar juga punya banyak banget manfaat dalam kehidupan kita lho. Yuk kita renungkan Super Ayat kita.

Yakobus 1:3-4 (TB) 'Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.'

Ayat ini menekankan bahwa kesabaran menghasilkan banyak manfaat untuk hidup kita. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

1. Kesabaran Membantu Kita Belajar Mengendalikan Emosi

Terutama dalam situasi yang penuh tekanan. Ketika kita sabar, kita dapat merespons tantangan dengan tenang dan bijaksana, bukan dengan kemarahan atau frustrasi. Mengajarkan anak-anak untuk bersabar akan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan emosi mereka, yang sangat penting dalam hubungan sosial dan akademik mereka.

2. Membangun Hubungan yang Baik

Ketika kita sabar dengan orang lain, kita memberikan ruang bagi mereka untuk membuat kesalahan dan belajar darinya. Ini sangat penting dalam hubungan keluarga, terutama antara orang tua dan anak. Dengan bersabar, kita menunjukkan kasih dan dukungan, yang akan memperkuat ikatan kita dengan anak-anak.

3, Lebih Damai dan Tenang

Kesabaran mengurangi stres dan kecemasan karena kita tidak terburu-buru atau merasa tertekan oleh situasi. Ini memberikan kita waktu untuk berpikir dan membuat keputusan yang lebih baik. Anak-anak yang belajar bersabar akan tumbuh menjadi individu yang tenang dan mampu mengatasi tekanan hidup dengan lebih baik.

4. Kesabaran Menghasilkan Ketekunan

Dengan bersabar, kita belajar untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah meskipun menghadapi kesulitan. Ketekunan ini penting dalam mencapai tujuan jangka panjang. Anak-anak yang belajar kesabaran akan lebih mudah meraih prestasi akademik dan mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan.

5. Baik untuk Kesehatan.

Ketika kita sabar, kita cenderung mengalami lebih sedikit stres, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Kesabaran juga membantu meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan dan depresi. Mengajarkan anak-anak untuk bersabar dapat membantu mereka mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang akan membawa manfaat sepanjang hidup mereka.

Kesabaran membawa banyak sekali manfaat dalam hidup, jadi mari kita terus berusaha menjadi teladan yang baik dalam hal kesabaran, sehingga anak-anak kita dapat tumbuh menjadi pribadi yang sabar dan penuh kasih.

Apakah saat ini SuperParents sedang menghadapi kesulitan dalam membimbing anak-anak atau mungkin menghadapi masalah lainnya dan membutuhkan saran, dukungan maupun doa? SuperParents bisa menghubungi Layanan Doa dan Konseling CBN lho, karena tim Konseling CBN selalu siap mendengarkan dan mendukung SuperParents. Jangan ragu untuk menghubungi ya!

HUBUNGI SEKARANG

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK