ARTICLE

Thu - Feb 17, 2022 / 4644 / Parenting

Mau Jadi Keluarga yang Melayani, Kenapa Enggak?

Siapa sih yang nggak senang kalau keluarganya dekat dengan Tuhan dan bahkan ikut berpartisipasi untuk melayani? Pasti senang dan bangga ya rasanya. Lalu kalau keluarga Kristen haruskah pelayanan di gereja? Kita ulik bersama yuk.

Bila kita lihat dalam Roma 12: 1-8, melayani memiliki arti yang luas. Kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan termasuk aktif dalam pelayanan di gereja. Tuhan sendiri sudah memberikan kepada kita potensi dan talenta yang luar biasa. Uniknya setiap manusia punya peran yang berbeda-beda dan Tuhan ingin kita bersatu seperti satu tubuh yang punya manfaat dan peran masing-masing.

Keluarga yang melayani seharusnya memiliki dasar dimana Kristus menjadi pusat kehidupan mereka, merespon pimpinan Tuhan terhadap segala aktivitas di kehidupan mereka, dan menyerahkan hidup sepenuhnya pada Tuhan. Jadi bukan semata kegiatan atau aktivitas saja, tapi bagaimana kasih Kristus terpancar dari setiap anggota keluarga.

Nah hal yang paling penting dan berbahaya karena salah kaprah adalah mengagungkan keluarga diatas Tuhan dan mengabaikan keluarga untuk Tuhan. Karena terlalu sibuk dengan perkara dalam keluarga, mungkin saja setiap anggota keluarga lupa bersekutu dan berdoa bersama. Atau saking bersemangatnya melayani di gereja, salah satu anggota keluarga tersebut sampai tidak mempunyai quality time bersama dengan keluarganya.

Tuhan Yesus sudah terlebih dahulu melayani kita. Untuk manusia sendiri, tidak ada pelayanan tanpa kasih kepada Tuhan Yesus. Melayani Tuhan selalu berhubungan dengan kepedulian kita terhadap sesama manusia. Hendaknya kita melakukan semua pelayanan ini dengan mengingat segala kebaikan yang sudah Tuhan berikan. Karena jika tidak, kita tidak akan sanggup dan bisa merasakan kejengkelan bahkan kekecewaan.

Jadi apapun yang diperbuat dalam kehidupan dan pelayanan kita, kapan saja, dimana saja, dan dalam bentuk atau cara apapun harus dengan segenap hati. Bisa dalam pekerjaan, sekolah, di gereja, dan masih banyak lagi.

Sebagai orang tua, ajak anak untuk mulai menjadi garam dan terang mulai dari hal yang kecil dalam pertemanan mereka. Dengan begitu, banyak orang juga yang merasa diberkati oleh pelayanan keluarga kita. Ada beberapa kondisi yang dapat membantu keluarga untuk melayani dengan baik, seperti :

1. Ada suasana rohaniah yang memadai di dalam keluarga kita.

2. Ada kesehatian tentang pentingnya pelayanan yang kita pertimbangkan.

3. Ada dukungan dari pasangan dan anggota keluarga yang lain.

4. Waktu dan energi yang terambil dari keluarga, terkompensasikan dengan efektif sehingga tidak menimbulkan dampak negatif.

5. Jika terjadi ketidakseimbangan (gangguan), keterlibatan dalam pelayanan itu perlu dievaluasi ulang.

Jadi, mau tunggu apalagi untuk menjadi keluarga yang melayani? Mari kita mengerjakan setiap pekerjaan yang dipercayakan oleh Tuhan dengan segenap hatimu.

Sumber: dari berbagai sumber.

Baca juga:

MURIDKAN ANAK SEDARI DINI KARENA ITULAH YANG TUHAN INGINKAN DARI ORANG TUA

INILAH DOA YANG TUHAN MAU DARI KITA

CARA INI BISA DIGUNAKAN UNTUK MEMPERKENALKAN KRISTUS KEPADA ANAK

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK