ARTICLE

Tue - May 11, 2021 / 946 / Inspirational

Macam-macam Baptisan Pada Gereja Kristen dan Penjelasannya

Mungkin sebagian kita masih ada yang bertanya-tanya, kok antara gereja satu dengan lainnya jenis baptisannya beda-beda ya. Ada yang dibaptis saat masih anak-anak atau bayi, ada yang saat dewasa, ada yang dipercik, ada yang selam, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya berbagai denominasi gereja punya pemahaman tentang baptis masing-masing, intinya yang paling penting adalah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat dalam hidupnya.

Nah kemarin, kita sudah mengenal makna baptisan Kristen dalam artikel Arti Penting Baptis Dalam Kristiani yang Perlu Kita Bagikan Kepada Anak, kini kita akan membahas beberapa macam baptisan secara universal. Kali ini kita nggak akan membahas metodenya ya, karena masing-masing gereja punya pengertian sendiri.

Baca juga : INI PENJELASAN KENAPA TUHAN YESUS MENGGUNAKAN PERUMPAMAAN SAAT MENGAJAR

  1. Baptis Anak

Baptisan ini diberikan kepada bayi atau anak kecil yang terlahir dari keluarga Kristen. Pada baptis anak memang tidak ada ayat Alkitab yang khusus menjelaskan dan merujuk hal ini secara langsung. Namun dalam perjanjian baru, ada beberapa bagian yang menyiratkan baptisan yang bisa dilayankan kepada anak, yaitu Kisah Para Rasul 16: 15 dan 18:8. Dikatakan dalam ayat itu, “seisi rumah dibaptis”.

Dalam denominasi gereja Calvinis dan Lutheran, baptisan anak diterima karena pertimbangan semua orang dipanggil untuk menerima keselamatan. Orang tua yang setuju mendidik anaknya secara Kristen dalam iman serta ajaran Tuhan, anaknya boleh mendapatkan baptisan ini. Tujuannya agar setelah dewasa, anaknya akan di sidi dan mengaku percaya kepada Tuhan secara bertanggung jawab.

 

  1. Baptis Dewasa

Baptis dewasa adalah sakramen pembasuhan yang dilakukan untuk mereka yang menjadi Kristen atau yang percaya kepada Tuhan Yesus saat dewasa. Dewasa yang dimaksud adalah dewasa secara jasmani maupun dewasa secara rohani. Dengan kata lain sudah cukup umur dan bertanggungjawab atas iman dan kepercayaannya. Secara dewasa berani menyatakan menjadi pengikut Tuhan Yesus dan memilih Tuhan Yesus menjadi Juru Selamatnya.

Biasanya untuk keluarga Kristen yang gerejanya tidak melakukan baptis anak, saat anak atau bayi, akan ada prosesi penyerahan anak di gereja. Para orang tua akan maju, kemudian anak didoakan. Setelah mereka remaja atau dewasa, barulah mereka dibaptis.

 Baca juga : 4 HAL YANG BISA KITA PELAJARI DARI TERPILIHNYA SAUL DAN KEJATUHANNYA

Peneguhan SIDI

Seperti yang dijelaskan dalam baptisan anak, Sidi akan diberikan kepada orang yang dulunya pernah menerima pelayanan “baptisan anak”. Sidi adalah bagian dari pengakuan iman secara dewasa, setelah anak melewati proses didikan iman dan ajaran Kristen. Sebelum di Sidi, mereka juga harus melewati tahap katekisasi.

Katekisasi adalah pendidikan tentang iman dan ajaran Kristen secara khusus di gereja yang mempersiapkan katekisan (orang yang mengikuti katekisasi) agar dapat memahami dan melaksanakan tugas panggilan hidup yang telah Tuhan rancangkan padanya secara utuh. Biasanya katekisasi ini berlangsung selama 6-9 bulan, tergantung gereja masing-masing.

Nah sebelum peneguhan Sidi, diharapkan mereka yang sudah katekisasi punya pemahaman iman yang benar kepada Tuhan Yesus berdasarkan Alkitab dan sungguh-sungguh percaya serta mengakui Yesus Kristus adalah Tuhan. Mereka juga harus sudah siap menjadi saksi Kristus di tengah dunia melalui hidupnya.

Sumber : sarapanpagi.org dan gkigunsa.or.id

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK