ARTICLE

Fri - May 07, 2021 / 2502 / Inspirational

Arti Penting Baptis Dalam Kristiani yang Perlu Kita Bagikan Kepada Anak

Menurut kakak, kenapa kita perlu dibaptis? Dan apakah kita sendiri pernah mengajarkan pengertian baptisan kepada anak? Nah dibalik perbedaan pandangan tentang baptisan di beberapa denominasi gereja, sebenarnya ada baiknya anak sudah terlebih dulu tahu makna baptisan itu sendiri. Kali ini kita akan membahas asal usul baptisan sampai pengertian beberapa denominasi gereja tentang baptis.

Pembaptisan sendiri sudah dikenal sejak zaman perjanjian lama. Kisah Nabi Nuh, pembebasan bangsa Israel dari Mesir yang menyeberangi Laut Merah, dan beberapa kisah lainnya di perjanjian lama adalah gambaran baptisan.

Masih ingat kan dengan apa yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis? Ya, dalam Perjanjian Baru, baptisan yang ia lakukan adalah sebagai “tanda pertobatan” (Matius :13-16; Markus 1:4-5) manusia. Selanjutnya Tuhan Yesus sendiri yang memberikan perintah kepada para murid untuk melakukan pembaptisan (pemuridan kepada bangsa-bangsa) dalam Matius 28: 19-20.

Baca juga : INI PENJELASAN KENAPA TUHAN YESUS MENGGUNAKAN PERUMPAMAAN SAAT MENGAJAR

Makna penting baptis:

  1. Sebagai tanda pengampunan dosa

Alkitab mengajarkan bahwa bagi setiap orang yang bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus, pengampunan dosa diberikan. Pengampunan dosa dilambangkan dengan air baptisan percik yang menggambarkan darah Kristus yang dicurahkan untuk penebusan manusia (Kisah Rasul 2: 30; 22: 16; I Korintus 6: 11; Kolose 1:14)

  1. Sebagai tanda milik Kristus

Tanda menjadi milik Kristus, tanda menjadi murid Yesus. Itulah sebabnya Tuhan Yesus memerintahkan agar para murid diberi tanda Baptis Suci. (Yohanes 4:1-2)

  1. Baptisan sebagai sebagai karunia hidup baru.

Yohanes mengembangkan gagasan baptisan sebagai kelahiran baru. Dalam percakapan dengan Nikodemus Yesus bersabda: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah……..Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali' (Yohanes 3:5,7)

  1. Sebagai tanda bahwa dirinya diterima dalam persekutuan gereja.

Seperti yang tertera dalam Kisah Para Rasul 19:1-7, bahwa makna baptis bukan hanya tentang pertobatan, tapi lebih dalam dari itu. Pembaptisan dilakukan di dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus menandakan bahwa seseorang telah masuk ke dalam komunitas Gereja. Ketika kita diselamatkan, kita 'dibaptis' oleh Roh Kudus ke dalam Tubuh Kristus, yang adalah Gereja (1 Korintus 12:13).

Baca juga : KENAPA BANGSA ISRAEL MENJADI BANGSA PILIHAN TUHAN?

Itulah 4 makna baptis yang bisa memperkaya wawasan kita. Kakak bisa menjelaskannya kepada anak sekolah minggu atau anak kakak sendiri ketika mereka bertanya, kenapa sih harus dibaptis kalau kita sudah percaya Kristus dan mau masuk Kristen/ Katolik? Besoknya kita akan membaca lebih lanjut lagi, macam-macam baptisan di beberapa denominasi gereja di part 2.

Jika Anda merasa terberkati dengan artikel-artikel kami dan ingin memberkati orang lain, yuk bagikan artikel ini melalui media sosial yang Anda miliki.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK