ARTICLE

Wed - Nov 15, 2023 / 403 / Parenting

MEMPERKUAT IKATAN KELUARGA MELALUI PASRTISIPASI ANAK DI SEKOLAH MINGGU

Sekolah Minggu merupakan kegiatan rutin seminggu sekali yang diikuti oleh sebagaian besar anak-anak Kristen di Indonesia. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang kekristenan, tetapi juga untuk memperkuat ikatan keluarga. Berikut adalah beberapa cara bagaimana partisipasi anak di Sekolah Minggu dapat memperkuat ikatan keluarga:

Menciptakan momen kebersamaan

Sekolah Minggu biasanya diadakan pada hari Minggu pagi, yang merupakan hari libur keluarga. Dengan mengikutsertakan anak di Sekolah Minggu, orang tua dapat menciptakan momen kebersamaan dengan anak-anak mereka. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk mengobrol, saling berbagi cerita, dan membangun hubungan yang lebih dekat.

Meningkatkan komunikasi

Partisipasi anak di Sekolah Minggu dapat menjadi sarana komunikasi antara orang tua dan anak-anak. Orang tua dapat bertanya kepada anak-anak tentang apa yang mereka pelajari di Sekolah Minggu. Hal ini dapat membantu orang tua untuk memahami perkembangan anak-anak mereka dan membangun komunikasi yang lebih terbuka.

Mengembangkan nilai-nilai keluarga

Sekolah Minggu mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai moral dan spiritual yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai ini dapat membantu anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, yang dapat berdampak positif pada keluarga.

Membangun rasa kebersamaan

Sekolah Minggu juga dapat menjadi sarana untuk membangun rasa kebersamaan antar anggota keluarga. Orang tua dan anak-anak dapat saling mendukung dan bekerja sama untuk mempersiapkan kegiatan Sekolah Minggu. Hal ini dapat membantu untuk membangun rasa kebersamaan yang lebih kuat dalam keluarga.

Berikut adalah beberapa tips untuk orang tua yang ingin memperkuat ikatan keluarga melalui partisipasi anak di Sekolah Minggu:

Dukung anak-anak untuk mengikuti Sekolah Minggu

Orang tua harus memberikan dukungan kepada anak-anak untuk mengikuti Sekolah Minggu. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak anak-anak ke Sekolah Minggu, membantu mereka mempersiapkan kegiatan Sekolah Minggu, dan memberikan penghargaan atas partisipasi mereka.

Berpartisipasi aktif dalam kegiatan Sekolah Minggu

Orang tua juga dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan Sekolah Minggu. Hal ini dapat dilakukan dengan menjadi sukarelawan, membantu mengajar, atau menjadi pengurus Sekolah Minggu. Partisipasi aktif orang tua dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anak dan membantu untuk membangun ikatan keluarga yang lebih kuat.

Berkomunikasi dengan guru Sekolah Minggu

Orang tua juga dapat berkomunikasi dengan guru Sekolah Minggu untuk mengetahui perkembangan anak-anak mereka. Hal ini dapat membantu orang tua untuk memahami apa yang dipelajari anak-anak mereka di Sekolah Minggu dan memberikan dukungan yang tepat.

Dengan mengikuti Sekolah Minggu, anak-anak dapat belajar tentang agama, nilai-nilai moral dan spiritual, serta keterampilan yang bermanfaat. Partisipasi anak di Sekolah Minggu juga dapat memperkuat ikatan keluarga dan menciptakan keluarga yang lebih harmonis.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK