ARTICLE

Wed - Mar 27, 2019 / 1347 / Parenting

Lakukan 7 Hal Ini Kalau Anda Sedang Stres Menjadi Orangtua

Jenuh dan mulai stres menjadi orangtua? Tenang, bukan hanya Anda yang merasakannya. Sebagai orangtua muda, wajar saja kalau Anda dan pasangan merasakan “parenting burnout”. Gejalanya itu biasanya berupa depresi, cemas, insomnia, perasaan tidak berguna, hilang nafsu makan atau justru nafsu makan berlebihan, kurang percaya diri, dan lainnya.

Parenting burnout bisa terjadi saat Anda kekurangan keseimbangan dalam hidup, dimana keadaan memaksa kita harus terus bekerja tanpa istirahat. Atau usaha dan kerja keras kita seakan tidak dihargai. Rasanya kita ke bekerja ataupun merawat anak setiap harinya, tapi hanya mendapatkan teguran tanpa ada pujian bahkan reward.

Baca juga : TIPS AMPUH MELATIH ANAK MENJADI DECISION MAKER HANDAL

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  1. Bangun 15 menit lebih pagi, berdoalah, dan bersaat teduh

Kalau biasanya bangun jam 06.00 pagi, usahakan bangun 15 menit lebih awal untuk berdoa dan bersaat teduh. Syukuri keluarga dan kondisi Anda, lalu berdoalah untuk mereka. Dengarkan suara Tuhan agar Anda merasakan damai sejahtera dan siap menghadapi hari.

 Sumber: Birmingham Fun and Family Magazine
  1. Streching, yoga, senam, atau olahraga secara rutin

Selain bagus untuk kesehatan fisik Anda, olahraga juga bagus lho untuk kesehatan psikologis. Kita bisa tenang dan segar setelah berolahraga.

 

  1. Mandi air hangat

Salah satu hal yang paling asik banget kalau sedang stres itu adalah menikmati mandi dengan air hangat. Badan menjadi rileks dan nyaman.

 

  1. Manjakan diri dengan shopping, pergi jalan-jalan, ke salon, ataupun menonton

Ini nih saat yang ditunggu-tunggu orangtua. Selain beristirahat, memanjakan diri dan berekreasi bisa jadi jalan keluar saat Anda mengalami burnout. Anda bisa menikmatinya sendiri atau bersama keluarga juga lho.

 Sumber: Unsplash
  1. Nge-date berdua dengan pasangan

Mau donk merasakan kembali masa-masa pacaran dulu. Agar semakin romantis, Anda bisa mengajak ke tempat dimana cinta Anda dan pasangan dulu bersemi, ya semacam nostalgia begitu.

 

  1. Menulis diary/ jurnal

Agar stress dan depresi Anda dipendam, sebaiknya tuangkan dalam bentuk tulisan supaya rasanya lebih lega. Setelah menulis, Anda bisa kreasikan dengan menambahkan gambar atau sticker.

 Baca juga : JANGAN HANYA KESAL SAMA ANAK YANG SULIT DIATUR, BANTU MEREKA DENGAN MELAKUKAN…

  1. Melakukan hobi

Supaya pikiran menjadi fresh, lakukan hal yang Anda sukai seperti hobi.

Apakah Anda sudah melakukan salah satunya? Jika punya cara lainnya, yuk berbagi dengan para pembaca lainnya dengan memberikan komentar di bawah ini.

Sumber : Chaisplay (ig)

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK