ARTICLE

Mon - Oct 23, 2023 / 682 / Inspirational

Kisah Kornelius: Bukti Bahwa Allah menjunjung toleransi

Kornelius adalah salah satu kisah dalam alkitab yang sangat menginspirasi tentang menjunjung tinggi toleransi. Allah dalam kisah ini digambarkan sebagai pribadi yang tidak pandang bulu dan mengasihi semua orang.

Kornelius seorang perwira pasukan Roma yang mengasihi dan percaya akan Yesus, rajin berdoa dan suka berbagi pada orang miskin,namun dirinya tidak bisa dekat dengan Yesus karena dirinya bukanlah keturunan dari orang Yahudi.

Hingga suatu hari malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dengan membawa pesan “Allah berkenan kepadamu, dan Ia akan menjawab doa-doamu. Kirimlah beberapa orang untuk menjemput seorang laki-laki bernama Petrus. Ia berada di Yope di rumah Simon, yang tinggal di tepi laut”

 

Baca Juga: BELAJAR KISAH ALKITAB TENTANG YOHANES PEMBAPTIS

 

Kornelius mengirim utusan untuk mengundang Petrus datang ke rumahnya dan Petrus setuju. Setiba nya Petrus dikediaman Kornelius di Kaisarea, Petrus disambut dengan Kornelius yang membungkuk dan berlutut di kakinya, tapi Petrus menolak dengan berkata “Aku hanya manusia saja”.

Ketika Petrus memberitakan firman kepada semua orang yang berada disitu “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya', tiba-tiba Allah mengirim Roh Suci dan membuat orang-orang berbicara dalam berbagai bahasa.

Peristiwa tersebut membuat orang-orang Yahudi kebingungan, karena yang selama ini mereka pahamibahwa Allah hanya berkenan kepada orang Yahudi saja namun ternyata Allah tidak memandang orang dari ras atau suku bangsa.

 

Baca Juga: KISAH ALKITAB YANG BISA MENGEMBALIKAN SEMANGAT MELAYANI GURU SEKOLAH MINGGU

 

Kisah Kornelius ini mengingatkan kita tentang toleransi. Allah sendiri menghapus semua batasan suku, ras, maupun latar belakang dan menerima semua orang yang mau taat dan mengasihiNya.Prinsip toleransi ini juga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk saling menghargai dan menghormati semua perbedaansupaya menciptakan keharmonisan dan kedamaian yang penuh kasih.

 

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK