ARTICLE

Fri - Feb 05, 2021 / 535 / Sunday School

Kisah Alkitab yang Bisa Mengembalikan Semangat Melayani Guru Sekolah Minggu

Ada kalanya seseorang merasakan kejenuhan, salah satunya dalam pelayanan. Terutama pelayanan sekolah minggu yang mungkin di gereja kakak saat ini hanya bisa dilakukan secara online. Biasanya bisa bertemu anak-anak membuat semangat berkobar, sekarang terbatas dengan jarak membuat kakak mungkin agak turun semangatnya.

Nah, ingatkah kakak dengan kisahnya Gideon? Ternyata kak, kisah Gideon itu bisa membantu mengembalikan semangat pelayanan kita lho. Jadi ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari Gideon.

Gideon, pahlawan yang penakut dan ragu-ragu

Walaupun Gideon itu dijuluki sebagai pahlawan yang gagah berani, sebenarnya Gideon itu penakut dan gampang ragu. Hal ini diceritakan di Hakim-hakim 6: 12-40. Saat malaikat Tuhan mendatanginya, Gideon sempat ‘curhat’ dan merasa rendah diri karena dia hanya berasal dari keluarga yang tidak terpandang di suku Manasye dan dia juga paling muda.

Baca juga : 10 FAKTA MALAIKAT YANG HARUS DIKETAHUI GURU SEKOLAH MINGGU

Tapi Tuhan tidak mempedulikan latar belakang Gideon. Justru lewat kelemahannyalah, Tuhan memakai dia dan menyatakan kuasa-Nya. Bahkan saat Gideon ragu-ragupun atas keputusan Tuhan dan meminta konfirmasi, Tuhan pun mengabulkannya.

Kadang, kita sebagai guru sekolah minggu juga berperilaku seperti Gideon. Ragu bisa nggak ya melayani anak-anak secara maksimal dan mereka nantinya bisa mengamalkan kasih Tuhan? Bahkan ada yang takut kalau firman yang disampaikan jadi salah tafsir ke anak-anak.

Oleh karena itu kak, kita harus melibatkan Tuhan dalam semua persiapan sekolah minggu. Jangan takut dan ragu, karena Tuhan saja memilih Gideon untuk memimpin Israel mengalahkan bangsa Midian yang jumlahnya sangat banyak. Apalagi kita. Kita juga dipilih-Nya untuk mewartakan Injil kepada generasi penerus-Nya. Semangat terus melayani!

Gideon bersedia dan taat

Saat dipanggil dan diminta oleh Tuhan, memang Gideon tidak langsung ‘yes’ dengan ajakan Allah. Dia sempat ragu dan meminta konfirmasi berkali-kali. Tapi setelah Gideon mendapatkan keyakinan dari Tuhan, ia langsung bersedia dan taat mengikuti semua arahan. Bahkan ketika Tuhan memintanya untuk mengurangi jumlah pasukan Israel yang sudah kalah banyak dari pasukan Midian dan Amalek, menjadi lebih sedikit lagi.

Baca juga : 5 CARA MENGATASI ANAK PRASEKOLAH YANG TIDAK MAU SEKOLAH MINGGU

Dan yang paling mengesankan adalah saat ia taat kepada arahan ‘taktiknya’  Tuhan untuk memenangkan peperangan itu. Sempat rasa takut dan ragu Gideon kembali muncul (Hakim-hakim 7:10), tapi Tuhan langsung memberikan konfirmasi padanya untuk mendengarkan percakapan orang Midian dan Amalek. Akhirnya Gideon kembali menjadi berani dan menjalankan ‘taktik’ yang telah Tuhan berikan, walaupun terdengar nggak masuk akal ya.

Berkaca pada kita sebagai guru sekolah minggu, Tuhan telah memilih, meyakinkan kita, dan sekarang tinggal bagaimana kita bersedia mengembalakan anak-anak ini serta taat pada arahan Tuhan. Mari tetap rajin mempersiapkan sekolah minggu, supaya Tuhan juga bisa campur tangan dan mengarahkan kita dalam membawakan firman.

Jangan ragu, takut, ataupun lelah ya kak. Karena Tuhanlah yang akan selalu menguatkan kita dalam semua pelayanan kita. Mari kita ‘curhat’ sama Tuhan tentang kendala yang kita hadapi, agar Ia juga bisa menyediakan dan membimbing kita pada jalan keluarnya ya.

Kalau kakak masih ragu juga dengan materi sekolah minggu, yuk bisa bergabung bersama kami dengan klik di bawah ini.

GABUNG 

Contasia Christie

Conetnt Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK