ARTICLE

Thu - Aug 06, 2020 / 334 / Parenting

Kiat Agar Anak Pemalu Bisa Percaya Diri dan Mampu Bersosialisasi

Memiliki anak yang pemalu dan pendiam mungkin menyenangkan ya, karena suasana di rumah tidak begitu berisik dan biasanya anak cenderung penurut. Tapi sayangnya saat anak memasuki masa sekolah, kemampuannya untuk berkomunikasi dengan anak lainnya dan guru justru sangat dibutuhkan.

Anak pemalu akan sulit beradaptasi dengan lingkungan. Mereka membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa merasa nyaman di suatu tempat dan kondisi. Nah, supaya anak Superparents yang pemalu ini bisa lebih percaya diri dan bisa membangun pertemanannya dengan baik, yuk kita lakukan beberapa hal ini.

Baca juga : MENGENAL ANAK ‘PEMBAWA MASALAH’ DAN CARA MENGATASINYA

Anak Prasekolah

  1. Dorong anak untuk bermain dengan teman lainnya.
  2. Jangan terlalu memanjakannya dengan seringkali melarang ini itu. Justru hal itu membuat mereka merasa kurang mampu melakukan apapun dan akhirnya menjadi takut. Jika kita terlalu banyak memberikan anak kenyamanan, bisa jadi justru menghambat perkembangan mereka.
  3. Hindari melabeli anak dengan kata “pemalu”, apalagi jika sedang berbicara dengan orang lain. Katakan saja kalau anak ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bersosialisasi dan akrab dengan orang baru. Saat kita melabeli anak, berarti secara tidak sadar kita merusak gambar diri anak tersebut.
  4. Dorong anak untuk melakukan interaksi satu lawan satu karena berbicara dengan banyak anak justru membebani anak. Dengan berinteraksi satu lawan satu, anak akan lebih mudah percaya diri dan merasa nyaman.

 Baca juga : CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK BATITA DAN BALITA SESUAI KEMAMPUANNYA

Anak 6-12 tahun

  1. Dukung anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler atau les yang mereka sukai, misalnya balet, musik, menyanyi, kegiatan di gereja, dll.
  2. Tidak perlu membanding-bandingkan anak dengan kakak atau adiknya. Setiap anak itu spesial kok. Justru membandingkan mereka akan membuat anak semakin tidak percaya diri.
  3. Berilah contoh kasus, misalkan saat hadir di pernikahan salah seorang keluarganya. Anak harus menyapa dan menghargai orang yang mengajaknya berbicara.
  4. Ajarkan anak untuk bisa berkata 3 hal penting ini, “terima kasih”, “tolong”, dan “maaf”. Interaksi sekecil apapun yang dilakukan oleh anak, bisa membuat mereka nyaman.

Itulah kiat-kiat yang dapat Superparents lakukan kepada anak yang pemalu agar mereka percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan baik. Dukung terus pelayanan Superbook, agar semakin banyak terberkati.

Ya, saya bersedia

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK