ARTICLE

Thu - Feb 18, 2021 / 473 / Sunday School

Kenapa Sih Kita Harus Tetap Berdoa, Kan Tuhan Mahatahu?

Tidak sah rasanya kalau makan, mau tidur, atau mau beraktivitas nggak berdoa dulu. Seakan doa sudah menjadi kebiasaan hakiki kita, umat percaya. Doa memang adalah sarana kita berkomunikasi dengan Tuhan dan mengungkapkan apa yang kita rasakan maupun impikan. Tapi pernah nggak sih terbesit, kenapa ya kita harus berdoa? Kan Tuhan Maha Tahu. Dia pasti tahu donk apa yang kita rasakan, inginkan, dan butuhkan.

Jangan-jangan ada anak sekolah minggu kakak yang bertanya itu pada kakak. Wah kita harus bisa menjawabnya dengan baik agar anak mengerti maksudnya nih kak. Daripada bingung dan pusing, mending langsung kita bahas.

Menurut Ev. Samuel Soegiarto, co-founder @Apologeticaindonesia, doa itu bukan laporan kita sama Tuhan ya. Dimana posisinya seakan Tuhan belum tahu, lalu kita datang pada-Nya dan menceritakan semua hal agar Dia tahu.

Baca juga : 10 FAKTA MALAIKAT YANG HARUS DIKETAHUI GURU SEKOLAH MINGGU

Doa = ketergantungan manusia pada Tuhan (relasi)

Perumpamaannya seperti ini kak, misalnya ada seorang ibu. Ia sudah menyiapkan semua barang-barang kebutuhan dan makanan untuk keluarganya. Ibu ini tinggal menunggu anaknya atau suaminya datang dan berkata, “Ma, aku lapar nih. Makan yuk!” Jadi bukan berarti ibu ini tidak tahu, tapi sudah tahu dan mempersiapkannya.

Jadi dengan kata lain doa merupakan wujud ketergantungan manusia pada Tuhan. Saat anak ini datang, berserah diri, menyatakan kasihnya, kebergantungan pada orang tuanya. Doa bukan sarana sekedar minta sesuatu sama Tuhan, tapi sebuah relasi kita dengan Tuhan.

Doa = penyerahan hidup

Doa juga bisa dikatakan sebagai bentuk penyerahan hidup kita kepada Tuhan. Tuhan memang sudah tahu, tapi kita datang kepada-Nya dan berkata ‘Engkau tahu yang terbaik’. Seperti yang Tuhan Yesus katakan melalui Matius 6: 5-15, Bapa sudah mengetahui apa yang kita perlukan sebelum kita memintanya. Tinggal bagaimana kita bisa menyerahkan hidup kita kepada-Nya, ‘jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga’ (Matius 6: 10b).

Baca juga : KISAH ALKITAB YANG BISA MENGEMBALIKAN SEMANGAT MELAYANI GURU SEKOLAH MINGGU

Doa = ungkapan syukur

Ini yang penting juga. Allah kan tahu apa yang kita butuhkan dan Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita. Kita pun juga tahu bahwa Tuhan sudah tahu apa yang kita butuhkan, sehingga pada saat datang kepada-Nya kita bukan hanya sekedar berharap, tapi bersyukur atas berkat yang sudah maupun akan Tuhan berikan.

Nah sekarang kakak sudah bisa jelasin ke anak-anak kan kenapa kita harus tetap berdoa walaupun sebenarnya Tuhan Maha Tahu. Semangat terus dalam mengajar ya kak…

Sumber : warungsatekamu

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK