ARTICLE

Thu - Jun 13, 2024 / 104 / Daily Devotional

Kejujuran dalam Menghadapi Godaan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali dihadapkan pada berbagai godaan yang menguji kejujuran kita. Mungkin saja godaan tersebut datang dalam bentuk kesempatan untuk berbohong demi keuntungan pribadi atau menipu untuk menghindari konsekuensi tertentu. Namun, sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, kita dipanggil untuk tetap hidup dalam kebenaran dan kejujuran, meskipun godaan tersebut tampak sulit dihindari.

Super Ayat ini akan membantu kita untuk senantiasa hidup dalam kejujuran:

Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya. Kolose 3:9-10 TB

Ayat ini mengajarkan kita bahwa sebagai orang Kristen, kita telah menanggalkan manusia lama kita yang penuh dengan dosa serta kelakuan tidak jujur dan mengenakan manusia baru yang terus diperbaharui dalam kebenaran. Kejujuran adalah tanda bahwa kita hidup sesuai dengan kehendak Tuhan dan mencerminkan gambaran-Nya.

BACA JUGATuhan Menguji Kejujuran Kita

Menghadapi godaan untuk tidak jujur memang tidak mudah, tetapi ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk tetap setia pada nilai-nilai kejujuran:

- Berdoa dan Mencari Kekuatan dari Tuhan: Ketika godaan datang, berdoalah dan minta kekuatan dari Tuhan. Ingatlah bahwa Tuhan selalu bersama kita dan Dia akan memberikan kita kekuatan untuk tetap jujur.

- Mengingat Nilai Kejujuran: Ingatlah bahwa kejujuran adalah nilai yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen. Kejujuran menunjukkan bahwa kita menghormati Tuhan dan ingin hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Untuk membantu anak-anak kita memahami dan menghargai pentingnya kejujuran, mari kita bahas contoh kasus yang mungkin mereka hadapi dan sikap yang harus mereka ambil:

Misalnya pada saat ujian, mereka mendapatkan kesempatan untuk menyontek karena jawaban temannya terlihat jelas. SuperParents harus mengingatkan mereka bahwa menyontek adalah tindakan tidak jujur yang tidak menghormati Tuhan. Mereka harus memilih untuk mengandalkan usaha mereka sendiri dan percaya bahwa Tuhan menghargai kejujuran mereka. Ajak anak-anak untuk berdoa sebelum ujian, minta Tuhan memberikan hikmat dan kemampuan untuk mengerjakan ujian dengan baik.

BACA JUGAKenapa Harus Hidup Jujur?

Ketahuilah bahwa hidup dalam kejujuran akan membawa berkat dan kedamaian. Dengan mengandalkan Tuhan, kita bisa menghadapi segala godaan dan tetap teguh dalam kebenaran. Mari kita ajarkan anak-anak untuk selalu jujur, sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas dan diberkati.

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK