ARTICLE

Thu - Mar 26, 2020 / 636 / Sunday School

Kegiatan yang Bisa Guru Sekolah Minggu Lakukan Agar Tetap Bisa Melayani di Masa Pandemi

Sebagai guru sekolah Minggu, disaat seperti ini tidak mudah ya untuk tetap bisa mengajarkan anak Firman Tuhan sekaligus melakukan social distancing sesuai dengan anjuran pemerintah. Tapi hal ini bukan jadi halangan kita lho kak, justru Tuhan mengijinkan kita agar semakin kreatif dalam melayani, tidak terbatas ruang dan waktu.

Superbook mau membantu kakak-kakak guru sekolah Minggu nih agar tetap bisa melayani sekaligus mematuhi anjuran pemerintah.

Baca juga : LAKUKAN 8 HAL INI UNTUK MELINDUNGI KELUARGA DARI COVID 19

Bertemu secara Online untuk menghindari penyebaran virus Covid-19

  1. Kakak bisa mengadakan ibadah sekolah Minggu online lewat Youtube, Facebook, maupun Instagram lho baik secara live (langsung) atau recording (direkam terlebih dulu). Namun sebelumnya pastikan semua anak-anak sekolah Minggu tahu jadwal tayang dan informasikan juga kepada orang tua mereka.
  2. Selain ibadah sekolah Minggu online, kakak juga bisa mengirimkan bahan belajar anak ke Whatsapp masing-masing orang tua agar anak bisa dibantu juga dalam belajar Firman Tuhan.
  3. Kakak juga bisa membuat grup Whatsapp khusus bagi orang tua yang anaknya bersekolah Minggu atau bahkan anak-anak sekolah Minggu. Di grup Whatsapp ini, kakak bisa memberikan materi belajar, pembahasan, tanya jawab, dan bahkan games tebak-tebakan terkait firman yang disampaikan.

Kirim rencana pembelajaran dan aktivitas kepada para orang tua

  1. Kirimkan melalui email atau whatsapp Panduan Diskusi Keluarga tentang semua ibadah yang akan diadakan secara online.
  2. Kakak juga bisa menginformasikan kepada anak-anak sekolah Minggu untuk mengikuti ibadah online Superbook setiap hari Minggu jam 6 pagi di Youtube Superbook Indonesia.
  3. Setelah ibadah online selesai, kakak bisa mengirimkan aplikasi kegiatan untuk anak dan keluarga praktikkan di rumah. Atau bagi gereja yang sudah memakai Kurikulum Superbook di sekolah Minggunya, kakak bisa mengirimkan Catatan Gizmo dan Lembar Aktivitas melalui email maupun Whatsaap.
  4. Kakak juga bisa membuat tutorial kegiatan anak untuk di rumah. Misalnya, cara membuat dadu ayat, prakarya sesuai firman, menggambar, dll.

Baca juga : KEHILANGAN AYAH TIDAK MEMBUAT SIKAPNYA MEMBURUK

Tantang seluruh anggota keluarga

  1. Kirimkan kepada orang tua dan anak-anak, tantangan terkait firman yang mereka dapatkan hari itu. Misalnya dengan menantang anak untuk menceritakan kembali firman Tuhan yang ia dapatkan dengan barang-barang yang ada di rumah sambil ditonton oleh keluarganya.
  2. Anak-anak suka lho membuat video. Bagaimana kalau kita menantang mereka membuat video review mereka setelah belajar firman Tuhan lalu di posting di media sosial masing-masing.
  3. Kakak juga bisa menantang anak untuk saling menguatkan di masa pandemi ini dengan menghubungi orang-orang dikasihinya lalu memberikan semangat serta mendoakan.

Semoga masa ini cepat berlalu dan kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan. Yuk terus kita doakan dan dukung kebijakan pemerintah dengan melakukan social distancing agar penyebaran virus ini tidak semakin parah. Tuhan memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK