ARTICLE

Fri - Nov 17, 2023 / 288 / Sunday School

JADIKAN SEKOLAH MINGGU LEBIH MENARIK DENGAN POLA PENGAJARAN INTERAKTIF

Sekolah Minggu merupakan salah satu sarana penting untuk mengajarkan nilai-nilai rohaniah kepada anak-anak. Namun, agar proses pengajaran dapat berjalan efektif, diperlukan kreativitas dari guru Sekolah Minggu. Salah satu cara untuk menghadirkan kreativitas dalam pengajaran Sekolah Minggu adalah dengan menggunakan aktivitas pembelajaran interaktif.

Aktivitas pembelajaran interaktif adalah aktivitas yang melibatkan anak-anak secara langsung dalam proses belajar. Aktivitas ini dapat berupa permainan, proyek seni, atau kegiatan lainnya yang memungkinkan anak-anak untuk terlibat secara aktif dan belajar melalui pengalaman nyata.

Aktivitas pembelajaran interaktif memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Membuat proses pengajaran lebih menarik dan menyenangkan. Aktivitas pembelajaran interaktif dapat membantu anak-anak untuk lebih tertarik dan terlibat dalam proses belajar.
2. Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menginternalisasi nilai-nilai rohaniah melalui pengalaman nyata. Melalui aktivitas pembelajaran interaktif, anak-anak dapat belajar dan memahami nilai-nilai rohaniah secara lebih mendalam.
3. Membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka. Aktivitas pembelajaran interaktif dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi.
4. Dalam menciptakan aktivitas pembelajaran interaktif, guru Sekolah Minggu dapat memilih cerita-cerita Alkitab yang mengandung pesan moral yang kuat. Sebagai contoh, ketika membahas tentang keberanian, cerita tentang Daud dan Goliat (1 Samuel 17:45-47) bisa menjadi landasan. Melalui permainan atau proyek seni, anak-anak dapat menggambarkan keberanian Daud dalam menghadapi raksasa.

Selain itu, memanfaatkan gerakan dalam pembelajaran sejalan dengan ajaran Kitab Mazmur 149:3, 'Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi!' Mengajak anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam menyanyi atau berdoa dengan gerakan dapat menciptakan suasana yang penuh sukacita, sekaligus memenuhi panggilan untuk memuji Tuhan dengan segala cara.

Melalui penerapan aktivitas pembelajaran interaktif dengan dasar-dasar Alkitab, kakak-kakak dapat memberikan pengalaman yang tidak hanya mendalam secara rohaniah tetapi juga menyenangkan bagi anak-anak. Dengan demikian, setiap pertemuan di Sekolah Minggu menjadi momen yang berharga dalam pembentukan karakter dan pertumbuhan iman anak-anak, seiring dengan cita-cita untuk membimbing mereka menuju Tuhan dan Firman-Nya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK