ARTICLE

Thu - Apr 08, 2021 / 1900 / Sunday School

Inilah Tanggung Jawab Utama Kamu Sebagai Guru Sekolah Minggu

Mengucap syukur banget karena tidak sedikit anak muda yang terpanggil untuk melayani di sekolah minggu. Ini bukanlah pelayanan yang kecil lho, tapi justru yang paling penting di dunia! Lho kok bisa? Karena kakak akan membentuk keyakinan anak-anak dan membimbing mereka untuk mengenal Tuhan serta mempertahankan imannya.

Bukan hanya sekadar mengajar Alkitab!

Coba Momin tanya dulu ke kakak guru sekolah minggu ya, “Apa yang paling kakak ingat saat kakak masih sekolah minggu?” Bisa jadi ingat tentang gurunya kakak dulu, kegiatan yang paling membekas, dan banyak hal. Tapi mungkin kakak malah lupa pelajaran yang pernah kakak pelajari dulu.

Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK TENTANG AMANAT AGUNG

Nah gurunya kakak mungkin justru yang masih bisa mengingat dengan baik isi Alkitab yang ia ajarkan kepada anak-anaknya. Itu semua karena ia begitu peduli dan sayang anak-anak sekolah minggunya. Ia ingin agar anak-anaknya benar-benar paham firman Tuhan dan bisa melakukannya dalam kehidupan mereka.

Jadi pekerjaan pelayanan kita di sekolah minggu yang paling utama adalah Peduli Pada Anak-anak!

Maksud peduli dengan anak?

Peduli kepada anak berarti berkomitmen! Menjadi guru sekolah minggu itu sama seperti menjadi pasangan, ada rasa yang datang dan pergi, tapi kita harus tetap pada komitmen. Walaupun banyak masalah, kendala, melihat karakter atau sikap anak, dan lainnya, kita harus tetap pada komitmen untuk memuridkan mereka.

Komitmen itu seperti cinta sejati. Cinta sejati akan tetap ada meskipun banyak gangguan. Kita berkomitmen untuk mencintai, peduli, dan mengasihi anak maupun pelayanan ini apapun resikonya.

Lalu bagaimana menumbuhkan rasa cinta itu?

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan kembali komitmen kita pada saat ‘kerajinan pelayanan’ menjadi kendor.

  1. Berdoa untuk anak-anak

Dengan kita mendoakan anak-anak, kita bisa merasakan dan menempatkan diri pada posisi anak itu. Terutama pada saat kita mendoakan salah satu anak dengan spesifik.

 Baca juga : 7 AYAT ALKITAB YANG BISA MENJADI RENUNGAN UNTUK ANAK SAAT MENYAMBUT PASKAH

  1. Luangkan waktu sebelum memulai kelas

Sambil menunggu anak-anak datang, kakak bisa mengganti pikiran tentang materi atau firman Tuhan yang dibawakan, ataupun lagu-lagu yang akan dinyanyikan menjadi bayangan anak-anak yang hadir dengan penuh sukacita. Anak-anak dengan penuh syukur mau mendengarkan firman Tuhan dan kegembiraan mereka saat belajar.

 

  1. Tidak perlu menjadi ahli Alkitab

Fakta-fakta yang terinci di Alkitab itu memang penting, namun guru sekolah minggu tidak perlu jadi sangat ahli apalagi saat menyampaikannya kepada anak-anak. Yang ada mereka malah pusing, bingung, dan tidak mendapatkan esensi yang sesuai dengan isi Alkitab sebenarnya. Sesuaikan cara penyampaian materi kita dengan usia anak dan pengetahuannya. Lebih baik lagi, kita menjadi teladan bagi anak lewat perilaku, tutur kata, pemikiran yang menggambarkan kasih Tuhan agar mereka terinspirasi untuk menghidupi firman Tuhan juga.

Nah jika kakak guru sekolah minggu mau mendapatkan materi yang relevan dan keren untuk sekolah minggu kakak, yuk segera daftarkan gereka kakak disini.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK