ARTICLE

Wed - Nov 10, 2021 / 771 / Inspirational

Inilah Pahlawan Iman Versi Alkitab yang Wajib Kita Perkenalkan Kepada Anak

Ada yang tahu, hari ini, tanggal 10 November 2021 kita merayakan apa? Yap, Hari Pahlawan! Ternyata kak, banyak sekali pahlawan iman yang ada dan disebutkan oleh Alkitab. Semuanya terungkap dengan gamblang di dalam kitab Ibrani 11 lho.

Kita bisa mengajarkan kepada anak tentang pahlawan-pahlawan iman ini. Agar anak juga bisa tahu cara mereka mempertahankan iman dan pergumulan dari tokoh-tokoh Alkitab tersebut. Penasaran siapa saja pahlawan iman tersebut? Yuk kita bahas satu persatu.

  1. Habel

Dia mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik daripada korban Kain. Lewat persembahannya, ia bisa bersaksi kepada kita bahwa persembahannya benar dan berkenan kepada Tuhan karena ia mempersembahkan yang terbaik.

 Baca juga : MANFAAT YANG ANAK RASAKAN SAAT DIA BELAJAR BERDOA DAN SAAT TEDUH PAGI HARI

  1. Henokh

Henokh adalah tokoh Alkitab yang terangkat ke surga dan tidak melewati kematian karena  ia berkenan kepada Allah.

 

  1. Nuh

Walaupun hanya mendengar petunjuk Allah tanpa melihatnya, ia taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya.

 

  1. Abraham dan Sara

Karena iman dan ketaatannya, Abraham menuruti kehendak Tuhan untuk berangkat ke negeri yang Tuhan janjikan padanya. Dia tidak tahu seperti apa tempatnya dan berani meninggalkan kenyamanannya demi mengikut kata Tuhan.

Sara juga akhirnya mendapatkan seorang anak setelah lanjut umurnya. Walaupun menurut manusia tidak mungkin dan Sara pun sempat tertawa, tapi ia tetap percaya pada rencana Allah.

Abraham juga pernah dicobai untuk memberikan anaknya yang tunggal, Ishak sebagai korban persembahan yang hidup. Buah dari imannya, Abraham mendapatkan cucu dari Ishak yaitu Yakub dan Esau, lalu dari Yakublah lahir Yusuf.

 Baca juga : INGAT 5 AYAT ALKITAB INI SAAT KAMU DAN PASANGAN BERTENGKAR!

  1. Musa

Karena iman orang tuanya, Musa selamat dan menjadi anak dari puteri Firaun. Karena imannya, ia menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari bangsa Israel dan membawa bangsa itu keluar dari Mesir. Karena iman Musa, bangsa Mesir yang mengejar mereka saat melintasi Laut Merah jadi binasa.

 

  1. Rahab

Berkat imannya kepada Tuhan dan telah membantu para pengintai Israel, Rahab yang seharusnya binasa justru selamat.

 

  1. Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud, Samuel, Daniel, dan nabi lainnya.

Para pahlawan iman ini mengajarkan kepada kita termasuk anak teladan yang luar biasa. Walaupun memang ada saja dari mereka yang melakukan dosa, karena manusia memang tidak ada yang sempurna 100%. Tapi berkat hidup mereka, kita bisa belajar bagaimana taat, menyadari kesalahannya dan mau berubah.

Jika kakak terberkati dengan artikel ini, mari dukung pelayanan kami terus. Dengan mendukung kami, berarti kakak sudah menjadi pahlawan bagi generasi-generasi di Indonesia. Segera daftarkan diri kakak di bawah ini.

Ya, saya MAU

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK