ARTICLE

Thu - Jul 18, 2019 / 491 / Sunday School

Inilah Cara Sederhana Menggandakan Jumlah Anak Sekolah Minggu di Gereja

Siapa sih yang tidak mau kalau banyak anak datang kepada Tuhan Yesus? Ya, ini adalah tugas kita bersama sebagai guru sekolah Minggu (GSM), aktivis gereja, dan bahkan orangtua Kristen. Ternyata anak-anak pun bisa lho mengajak teman-temannya untuk mengenal Yesus, tinggal bagaimana kita sebagai GSM bisa mem-follow up dan membimbing (menggembalakan) mereka nantinya.

Anak tidak perlu membawa banyak temannya. Mereka lebih baik fokus untuk mengajak satu temannya untuk rajin bersekolah Minggu. Lalu kita sebagai guru sekolah Minggu bisa mencatat dan mem-follow up perkembangan iman anak tersebut. Dengan begitu kita bisa lebih berkonsentrasi untuk memotivasi dan mendorong mereka.

Baca juga : TERNYATA PERANAN GURU SEKOLAH MINGGU ITU SEJAJAR DENGAN PENGINJIL LHO! INI ALASANNYA

Dua lebih baik daripada satu

Zaman dimana teknologi mulai dikenal anak sedari dini ini melalui gadget, membuat anak untuk memiliki teman dekat (real friends) agak sulit karena media sosial. Tapi jangan khawatir, dengan sekolah Minggu, anak juga bisa membina pertemanannya di dalam Tuhan (Pengkhotbah 4: 9-10).

Kakak bisa melatih anak untuk menemukan satu teman yang terdekat dengannya, dimana mereka bisa saling mendukung dan membangun (Amsal 17: 17). Kegiatan ini bisa kakak kreasikan dengan suasana yang non formal. Misalnya dengan permainan sepasang-sepasang, bernyanyi bersama, dan humor.

 

Kekuatan kembar

Ajak anak-anak untuk memakai baju ataupun atribut bersama temannya (kembaran) yang diajak ke sekolah Minggu. Mereka bisa mengajak teman yang sering beribadah di ibadah dewasa atau jarang sekolah Minggu, dan teman dari luar gereja (misalnya sekolah atau lingkungan rumah). Lewat mengambil foto dan berkegiatan bersama teman yang mereka ajak di sekolah Minggu, jumlah anak sekolah Minggu bisa bertambah secara signifikan.

 Baca juga : ABADIKAN KEGIATAN SEKOLAH MINGGU DENGAN MEMBUAT VIDEO YANG MUDAH DAN KEREN

Follow up

Hal ini yang biasanya terlewat dari perhatian kakak GSM. Alih-alih terlalu konsentrasi menambah jumlah anak di sekolah Minggu, kita justru lupa untuk follow up anak-anak yang sudah pernah bersedia hadir dan meningkatkan iman mereka. Setelah ada beberapa anak baru ikut bergabung, jangan lupa untuk dekat juga dengan orangtua mereka. Bisa lewat menyampaikan perkembangan anak, memberitahukan acara yang akan berlangsung, dan masih banyak lagi.

Kakak bisa berkunjung ke rumah anak-anak yang masih baru sebagai bentuk perhatian dari sekolah Minggu. Berikan hasil kerajinan tangan yang telah anak buat di sekolah Minggu bersama dengan temannya.

 

Itulah 3 hal yang bisa membantu kakak menggandakan jumlah anak yang bersekolah Minggu di gereja kakak. Nah kalau kakak punya cara lain yang efektif juga, yuk kita share di kolom komentar agar bisa membantu guru yang lain. Tuhan memberkati

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK