ARTICLE

Wed - May 06, 2020 / 538 / Inspirational

Inilah Cara Efektif Agar Tetap Bisa Memenuhi Kebutuhan Walaupun Terkena Dampak Pandemi

Kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari kini seakan jadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian orang. Pandemi Covid-19 ini turut berdampak pada perekonomian masyarakat Indonesia. Ada yang penghasilannya menurun drastis, dirumahkan sehingga tidak ada penghasilan, dan ada juga yang malah kehilangan pekerjaan akibat di PHK.

Ini semua bisa terjadi masih banyak orang yang belum banyak belajar tentang mengelola uang dengan baik, sehingga tidak ada dana cadangan yang bisa dipakai ketika kondisi seperti ini terjadi. Lalu bagaimana caranya menyiapkan dana cadangan? Nah Superbook dapat bocoran nih dari Juhono S. Sudirgo, pakar financial yang Sabtu, 9 Mei 2020 besok akan memberikan materi-materi kerennya di Webinar yang diadakan oleh Solusi. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan penghasilan berapa saja.

Baca juga : CARA BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN SEDARI DINI UNTUK ANAK DAN KELUARGA

Caranya gimana?

Saat terima penghasilan, keluarkan 10%nya untuk ditempatkan di tabungan, deposito satu bulan, dan reksadana pasar uang.

 

Berapa banyak dana cadangan yang harus dikumpulkan?

Kalau pencari nafkahnya dalam satu keluarga hanya satu, maka diperlukan enam kali biaya hidup dalam sebulan. Misalnya dalam sebulan, keluarga A (yang bekerja hanya suami) memiliki biaya hidup sebanyak Rp 2.000.000,-. Jadi keluarga A harus mempunyai dana cadangan 6 x Rp 2.000.000,- = 12.000.000,-

Kalau pencari nafkahnya dalam satu keluarga ada dua, maka diperlukan tiga kali biaya hidup dalam sebulan. Misalnya dalam sebulan, keluarga B (suami istri bekerja) memiliki biaya hidup sebanyak Rp 2.000.000,-. Jadi keluarga B harus mempunyai dana cadangan 3 x 2 orang pekerja x Rp 2.000.000,- = 12.000.000,-

Baca juga : SEJAK #DIRUMAHAJA ANAK BERUBAH, MUNGKIN MEREKA MENGALAMI HAL INI

Kapan dana darurat ini bisa dipakai?

Salah satunya pasti saat kondisi seperti ini dan kita tidak lagi punya penghasilann yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dana darurat ini juga bisa digunakan pada saat ada salah satu anggota keluarga sakit tapi tidak punya asuransi kesehatan, kehilangan, kerusakan, dan keperluan mendadak yang tidak terduga.

Nah kalau mau belajar lebih banyak dalammengelola keuangan, yuk gabung ke acara Solusi Talks Webinar yang diadakan pada Sabtu, 9 Mei 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB. Acara ini tidak dipungut biaya.  Klik link di bawah ini :

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK