ARTICLE

Mon - Mar 16, 2020 / 474 / Inspirational

Inilah Cara Agar Tidak Tertular dan Menularkan Corona yang Perlu Diketahui

Terhitung dua minggu kedepan dari hari ini, anak-anak maupun orang dewasa dihimbau pemerintah untuk belajar dan bekerja di rumah. Uppps… jangan senang dulu, ini bukan waktunya liburan lho. Justru kita harus menggunakan waktu ini secara maksimal untuk belajar dan bekerja, meminimalisir laju penularan Covid-19, serta mulai memberlakukan ‘social distancing’.

Jadi kak, kejadian ini pernah Isaac Newton alami lho saat ia berusia 20-an saat ada wabah di London. Ini adalah versi social distancing tahun 1665 yang diberlakukan saat itu untuk menghambat laju penularan wabah. Isaac Newton yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Trinity College, Cambridge lho.

Baca juga: 3 HAL YANG BISA KITA LAKUKAN SELAMA DI RUMAH UNTUK MENGHINDARI VIRUS CORONA!

Nah menurut Harry Stevens melalui artikel di Washington Post, cara terbaik agar penularan Covid-19 bisa ditekan adalah dengan social distancing dibandingkan lockdown. Social distancing adalah tindakan untuk sebisa mungkin berdiam diri di rumah, menjauh dari keramaian, dan tidak bepergian apabila memang tidak diperlukan.

Social distancing yang secara harfiah berarti mejaga jarak dari kehidupan sosial akan memperlambat penyebaran virus corona yang terjadi melalui kontaminasi droplet atau percikan air liur pada jarak dekat. Manfaatnya selain resiko kita tertular menjadi minim, dan jika memang kita sudah tertular tapi belum menyadarinya, kita akan membantu menghambat penyebarannya.

Baca juga : WASPADA VIRUS CORONA! YUK JAGA DIRIMU DENGAN BEBERAPA HAL INI!

Maka itu, kenapa pemerintah kemarin mengumumkan kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyakarat. Jadi bukan berarti kita bisa liburan lho ya, apalagi memanfaatkan 14 hari kedepan buat jalan-jalan.

Isaac Newton saat itu justru memanfaatkan waktu social distancing ini dengan belajar maksimal lho! Dia mulai mengerjakan soal matematika yang akhirnya menjadi kalkulus, kemudian dia bereksperimen dengan prisma di kamar dan akhirnya muncul teori tentang optik, lalu tepat di luar jendela kamarnya terdapat pohon apel yang terkenal itu. Pasti kamu tahu kan cerita kedepannya?

Nah yuk kita manfaatkan 14 hari kedepan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, tetap belajar, bekerja, dan terus jaga kesehatan ya. Kalau sakit, cepat cari fasilitas kesehatan terdekat ya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK