ARTICLE

Fri - Oct 30, 2020 / 2700 / Sunday School

Ini Skill yang Wajib Guru Sekolah Minggu Miliki Saat Mengajar

Orang yang berhasil dan berdampak adalah orang yang mau terus belajar dan meng-upgrade kemampuannya. Menjadi guru sekolah minggu bukan berarti hanya mencintai anak-anak dan ingin membantu mereka percaya akan Kristus. Dibutuhkan kemampuan yang baik agar firman Tuhan bisa sampai, dimengerti, dipahami, dan bahkan dipraktekkan oleh anak-anak.

Salah satu kemampuan itu adalah public speaking. Melalui public speaking, guru sekolah minggu bisa:

  1. Memberikan pemahaman yang utuh kepada anak-anak .
  2. Membuat kelas sekolah minggu tetap menyenangkan.

Tidak sedikit sekolah minggu yang penyampaiannya membuat anak menjadi bosan. Nah melalui teknik public speaking yang baik, kelas akan menjadi hidup. Tapi juga sebaiknya juga jangan terlalu fun karena bisa mengurangi pemahaman anak-anak akan firman yang disampaikan. Jadi harus seimbang.

Baca juga : CARA EFEKTIF MENDAPATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DI KELAS SEKOLAH MINGGU

Lalu bagaimana kita bisa mengoptimalkan kemampuan public speaking sebagai seorang guru sekolah minggu?

  1. Manfaat

Kakak-kakak harus memahami terlebih dahulu manfaat yang akan anak dapatkan saat mereka belajar di hari itu. Kemudian kakak akan menemukan alasan anak harus benar-benar mengerti firman yang disampaikan sehingga kakak bisa mencari cara kreatif untuk menyampaikannya. Kakak bisa melakukan langkah ini pada saat persiapan mengajar.

 

  1. Persiapkan dengan baik

Tidak hanya dibutuhkan persiapan hati dan pikiran, tapi juga semua materi yang akan kita sampaikan. Kakak bisa memakai video, permainan, panggung boneka, dan cara lainnya. Tentunya semuanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau mepet, pasti hasilnya juga tidak akan maksimal.

 Baca juga : 12 MEME KOCAK YANG MENGGAMBARKAN PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

  1. Budayakan diskusi

Anak-anak bukanlah patung yang hanya bisa diam saat kita mengajar. Mereka punya pendapat dan pemikiran. Ada baiknya kita mengajak mereka berdiskusi dan kurangi gaya pembelajaran satu arah.

 

  1. Berikan contoh aktual

Firman Tuhan itu nyata dan masih kontekstual sampai saat ini. Kakak bisa memberikan contoh nyata tentang pengaplikasian firman dalam kehidupan anak-anak. Misalkan saat mengajarkan tentang kasih, kakak bisa memberikan contoh untuk menyayangi adik, membantu orang tua, belajar dengan baik, dan lainnya.

Nah mau tahu cara lainnya yang lebih spesifik dan mandalam agar pelayanan sekolah minggu kita semakin maksimal? Dalam dua jam, kamu akan menguasai :

  1. Trik menyampaikan pesan agar mudah dimengerti anak-anak
  2. Intonasi suara, gestur tubuh, dan mimik wajah  untuk mendapatkan perhatian anak
  3. Cara mengatasi gugup ketika berbicara di depan banyak orang

Yuk ikuti Webinar Kembangkan Potensi dengan klik link di bawah ini.

DAFTAR

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK