ARTICLE

Thu - Jan 24, 2019 / 1018 / Parenting

Ini Nih Cara Ampuh Untuk Membuat Anak Menjadi Penurut

Membuat anak menjadi penurut itu nggak mudah. Bahkan banyak orangtua dan guru sekolah Minggu menjadikan hal ini sebagai pergumulan yang cukup sulit. Sudah berulangkali diberitahu, eh tapi anaknya tetap melakukan hal yang sama dan membuat kita menjadi kesal.

Nah ternyata, kata Neal Rojas, professor pediatri di University of Carolina di San Fransisco kondisi orangtua dicuekin oleh anak itu bisa terjadi karena kita kurang perhatian sama mereka. Jadi coba mulai dari sekarang, yuk kita fokus sama mereka. Selain itu ada beberapa cara lagi lho agar anak mau menuruti arahan dan nasihat kita.

1. Bersikap penuh perhatian

Saat anak meminta sesuatu, usahakan kita memandang matanya dan fokus kepada dirinya. Jangan sambil melakukan hal yang lain ya. Jangan jadikan anak sebagai salah satu  kegiatan multitasking ya.

 

2. Buat aturan penggunaan gadget

Penggunaan gadget sering menjadi sumber distraksi orang. Oleh karena itu, kita harus membuat batasan bagi diri sendiri dan keluarga dalam penggunaan gadget-nya. Tetap harus ada ya waktu keluarga saling berkomunikasi dan mengobrol.

 

3. Dapatkan perhatian anak

Mendekatlah dan sebutkan nama mereka sambil melakukan kontak mata sejajar dengan anak. Setelah itu baru sampaikan pesan dan mintalah anak mengulangnya sebagai tanda bahwa mereka mengerti apa yang kita katakan.

 

4. Jangan segan terapkan konsekuensi

Saat Anda sudah berhasil memberi tahu anak dengan cara yang tepat dan jelas, namun mereka masih tidak menurut juga, jangan segan-segan berikan mereka konsekuensi. Dengan adanya konseskuensi, anak dapat belajar untuk memperbaiki perilaku mereka lewat alasan yang logis dan lebih dimengerti. Nah pastikan konsekuensi ini dijelaskan dan didiskusikan baik bersama anak ya.

Sekarang SuperParents sudah ada gambaran donk, apakah sudah siap melakukannya? Nah misalkan SuperParents punya cara lain untuk membuat anak menjadi penurut, boleh di share di kolom komentar ya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK