ARTICLE

Mon - Apr 05, 2021 / 462 / Parenting

Ingin Anak Rajin Menyembah Tuhan, Ajarkan Mereka Hal Ini

Apa itu menyembah? Menyembah jika didefinisikan secara singkat berarti “dianggap layak untuk...”. Tuhan Yesus sendiri telah berkata di Yohanes 4: 19-24, bahwa Ia mencari orang yang menyembah dalam roh dan kebenaran.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kita harus menyembah Tuhan dari lubuk hati yang paling dalam, jujur, dan tulus. Inilah cara terbaik untuk menjelaskan arti “menyembah Tuhan” kepada anak-anak. 

Mazmur 115: 4-8 dikatakan kalau kita akan menjadi seperti yang “tuhan” kita sembah. Jika kita sangat mengagungkan uang, pekerjaan, dan bukan Tuhan yang sesungguhnya, sikap kita aka mencerminkan hal tersebut. Namun apabila kita menyembah kepada Tuhan Yesus, maka karakter can kasih-Nya akan terpancar lewat perilaku kita.

Baca juga : CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK TENTANG AMANAT AGUNG

Jika kita bisa menyembah Tuhan, anak-anakpun bisa. Lalu bagaimana kita mengarahkan mereka untuk bisa menyembah Tuhan?

  1. Berikan kesempatan kepada mereka untuk bersaksi (sharing).

Kesaksian akan membantu anak untuk memahami apa yang Tuhan telah berikan selama mereka hidup. Setelah itu, kita bisa menjembatani rasa syukur tersebut kepada konteks “kenapa mereka harus menyembah Tuhan”.

 

  1. Bernyanyi lagu penyembahan.

Cari lagu-lagu yang berbicara tentang betapa besar kuasa, kasih sayang, atau hebatnya Tuhan kita. Seperti “Bapa Kudatang Pada-Mu”, “Lingkupiku”, “Allahku Besar”, “Ku Mau Cinta Yesus”, dan lain-lain. Sambil menyanyikan lagu-lagu tersebut, kakak bisa mengajak anak-anak untuk menghayati dan menghafal liriknya.

 

  1. Ketika mereka punya kesempatan fokus dalam firman, berikan pengertian tentang berbagai macam cara menyembah Tuhan.

Menyembah Tuhan bisa dimulai dengan ucapan syukur dari lubuk hati, akal budi, dan segenap kekuatan anak. Anak-anak masih memiliki kepolosan dan ketulusan hati. Karena itulah kakak bisa mengajarkan kepada mereka, jika menyembah Tuhan dapat berupa gerakan badan dan juga melalui suara mereka.

Misalnya jika mereka bersungguh-sungguh dalam menyembah Tuhan, mereka bisa mengekspresikannya dengan mengangkat tangan atau bertepuk tangan, dan bernyanyi setulus hati.

Baca juga : CARA GURU SEKOLAH MINGGU MENGAJARKAN DAN MELIBATKAN ANAK UNTUK MELAKUKAN PENGINJILAN

Inilah beberapa cara yang dapat membantu kakak memperkenalkan kepada anak bagaimana caranya menyembah Tuhan. Apabila kakak punya cara lainnya, boleh lho di share di kolom komentar dibawah ini, supaya kakak-kakak sekolah minggu lainnya bisa terbantu yaa...

Kakak juga bisa membantu kami agar semakin banyak anak-anak di seluruh Indonesia mengenal kasih Tuhan dengan cara klik Link di bawah ini.

Saya Ingin Terlibat

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK