ARTICLE

Tue - Aug 28, 2018 / 800 / Parenting

Hindari Stress dalam Mengurus dan Mendidik Anak Dengan 3 Tips Berikut

Mengurus anak selama 1x24 jam terkadang bisa bikin stress. Kita sama sekali tidak punya waktu untuk memperhatikan diri sendiri. Tapi mau gimana lagi, itulah resiko menjadi orangtua.

Eits, jangan salah loh, Super Moms. Stress yang dihadapai bisa diminimalisir dan malah bisa dihindari kok. Berikut 3 tips sederhana yang bisa dilakukan dengan suami Anda.

1. Bergantian menasehati anak

Ketika Super Moms capek terus-terusan ngomel, sebenarnya si anak juga capek loh mendengarkan omelan Super Moms. Lama kelamaan mereka akan mengabaikan kata-kata Super Moms dan tetap melanggar aturan rumah.

Mintalah suami untuk bergantian bicara dengan buah hati. Lakukan hal ini sejak anak masih kecil. Dengan demikian anak juga tahu bahwa Super Moms dan Super Dads punya cara yang sama dalam mendidik anak.

2. Bertukar tugas mengurus anak

Tingkat stress yang berlebihan menghadapi anak tantrum bisa menyebabkan Super Moms bertindak di luar kendali loh. Akibat yang bisa ditimbulkan adalah anak malah jadi korban akibat emosi Super Moms yang tidak terkontrol.

Mintalah suami mengambil alih menghadapi anak tantrum ketika Super Moms sudah mulai merasa stress. Dengan melibatkan sang ayah, anak jadi tahu bahwa mereka harus mendengarkan kedua orangtua, bukan hanya salah satu.

Sumber: Terra Centre

3. Sediakan ‘me time’

Biasakan hal ini sejak anak masih kecil. Tugas mengurus dan mendidik anak tidak harus sepenuhnya dilimpahkan ke Super Moms. Libatkan suami. Super Moms juga butuh sedikit ruang untuk bersantai sejenak, seperti duduk mendampingi si kakak yang sedang mewarnai dan sang ayah betugas mengurus bayi.

Jika Super Moms ingin mempraktekkan ketiga hal tersebut, bicaralah dengan suami dan ungkapkan masalah yang paling bikin frustasi agar suami tahu kapan sebaiknya ia mengambil alih. Dengan demikian, baik Super Moms maupun suami bisa lebih kompak dan tahu cara menghadapi masalah dalam mengurus anak.

Sumber: The Asian Parent Indonesia

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK